1/12/2015

Pengertian dan Unsur Restoran

Sebenarnya telah banyak yang menulis tentang pengertian atau definisi restoran. Namun di artikel ini, saya tidak ingin menuliskannya dalam versi buku atau referensi lama. Saya ingin menuliskan pengertian atau definisi restoran berdasarkan pendapat dan gagasan saya pribadi tentang pengertian restoran.

Sebelum kita mendefinisikan apa itu restoran, kita akan menguraikan terlebih dahulu unsur apa saja yang ada pada sebuah restoran. Hal Ini penting karena unsur-unsur yang ada pada restoran dapat membantu kita mendefinisikan restoran secara akurat dan real atau sesuai kenyataan.

Berikut adalah beberapa unsur yang ada pada sebuah restoran :

1. Bangunan
Sebuah restoran umumnya terdapat dalam sebuah bangunan permanen yang layak untuk beroperasi, menjual menu, dan menerima tamu atau konsumen. Bangunan restoran bisa merupakan bangunan mandiri (stand alone) atau pun menempel pada bangunan lain seperti yang sering kita jumpai di mall-mall atau perkantoran.


2. Menu
Setiap restoran tentu menyediakan menu untuk dijual berupa makanan dan minuman dengan standar tertentu.

3. Pelayanan
Pelayanan tidak terpisahkan dari restoran. Tanpa pelayanan, sesuatu tidak bisa disebut restoran. Yang dimasksud pelayanan adalah adanya alur service atau prosedur pelayanan dari tamu datang, makan, hingga tamu pergi meninggalkan restoran. Kehadiran frontliners seperti Waiter, Kasir, Supervisor, Captain Waiter juga termasuk dari unsur pelayanan restoran.

4. Profit atau Keuntungan
Hampir semua bisnis restoran dijalankan untuk mencari keuntungan.

Itulah beberapa unsur yang melekat pada sebuah restoran, dengan kata lain, tanpa unsur-unsur di atas, sesuatu tidak bisa disebut sebagai restoran.

Definisi atau pengertian restoran

Dengan demikian, secara sederhana, kita bisa merangkum pengertian atau definisi restoran yaitu :

Sebuah jenis bisnis komersial yang menjual makanan dan minuman dengan pelayanan yang baik dalam sebuah bangunan dengan standar tertentu yang dapat digunakan untuk beroperasi, menjual menu, dan menerima tamu atau konsumen.

Demikian artikel tentang pengertian dan unsur restoran. Bagi Anda yang ingin bertanya atau berkomentar, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya dengan senang hati akan menjawab atau membalas komentar Anda sesuai kemampuan saya. Semoga bermanfaat.

Pengertian dan Unsur Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.