1/19/2015

Cara Tepat Rekrut Karyawan Untuk Restoran

Dias Akhmad  |  at  1/19/2015  |  ,  |  No comments

Sistem rekrut (recruitment) karyawan untuk restoran pada dasarnya hampir sama dengan sistem rekrut karyawan untuk perusahaan pada umumnya. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan mengingat kondisi kerja di restoran sangat lah jauh berbeda dengan kondisi kerja di lingkungan perusahaan bukan restoran.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam me-rekrut karyawan untuk restoran?

Berikut Restofocus tuliskan beberapa cara tepat melakukan rekrut karyawan untuk restoran :

1. Pilihlah karyawan yang mempunyai karakter positif
Saya menempatkan karyawan dengan karakter positif di posisi pertama. Kenapa? lepas dari segala kekurangan dan kelabihan dalam hal teknis dan skill, karakter positif sangat penting dalam tim kerja yang akan terbentuk nantinya.

Karyawan yang pandai, good looking, memiliki skill communication yang bagus namun berkarakter negatif akan merusak tim. Jadi, pilih lah karyawan atau sdm yang berkarakter positif terlebih dahulu.

2. Pilihlah karyawan yang memiliki sedikit pengalaman di bidang kerja tapi lama bekerja di satu bidang kerja.
Sering kita jumpai pelamar kerja yang mempunyai banyak pengalaman di bidang kerja berbeda, tapi kemudian kita menemukan bahwa ternyata ia hanya bisa bertahan di satu bidang pekerjaan tidak lebih dari 6 bulan atau 1 tahun.

Jika Anda menemukan yang seperti ini, sebaiknya Anda pilih yang lain, kenapa? ada beberapa alasan umum tentang tipe ini, pertama ia tidak dikontrak lebih lama karena prestasi kerja yang tidak sesuai standar perusahaannya bekerja, atau kedua, ia tipe pembosan dan senang berpetualang, dan ketiga, ada konflik internal yang menyebabkan ia harus mencari kerja di tempat lain.

3. Sampaikan bahwa kerja di restoran itu butuh banyak tenaga dan tidak enak.
Saya sering menyampaikan hal yang pahit ketimbang manis dalam sesi interview kepada calon karyawan. Ini dimaksudkan agar dalam praktek kerjanya nanti, karyawan akan bisa menyiapkan mental dan tenaganya sedari awal. Hal ini juga bisa membantu kita mengetahui seberapa kuat atau serius calon karyawan ingin bekerja di restoran kita.

Demikian cara tepat rekrut karyawan untuk restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Tepat Rekrut Karyawan Untuk Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.