--> Skip to main content

Cara Mengganti Asbak

Dalam artikel ini, cara mengganti asbak yang dimaksud adalah  pada saat tamu masih duduk atau belum beranjak dari acara makan, misalnya, tamu masih ingin mengobrol santai sambil merokok. Penggantian asbak biasanya diminta oleh tamu karena asbak telah penuh oleh puntung rokok atau telah kotor. Disini, Waiter memerlukan teknik yang baik dalam penggantian asbak untuk memberikan pelayanan yang baik.


Bagaimana cara mengganti asbak yang baik sesuai standart service yang baik?

Cara mengganti asbak atau ashtray yang tepat adalah sebagai berikut :

1. Bawalah 2 buah asbak yang bersih dan letakkan di atas nampan (oval tray) yang telah dialasai dengan Service Napkin.
Cek kebersihan asbak sebelum dibawa untuk melakukan penggantian. Jika masih basah, keringkan asbak dengan menggunakan lap yang bersih dan kering.

2. Dekati meja tamu yang akan diganti asbak nya dari arah kiri posisi tamu duduk.
 sampaikan menyampaikan permisi (excuse) untuk mengganti asbak. Selalu lah bersikap sopan kepada tamu. Sikap waiter yang baik akan menambah nilai positif bagi restoran.

3. Ambil 1 buah asbak bersih dari tray dan tangkupkan asbak yang bersih tersebut ke atas asbak yang akan diganti. 
Ini dimaksudkan agar puntung rokok tidak beterbangan karena angin atau tercecer saat diangkat dari meja tamu ke atas nampan. Berhati-hati lah jika ada kipas angin di sekitar meja tamu yang akan diganti asbak nya. Jika perlu pelankan putaran kipas atau matikan kipas sebentar.

4. Pegang erat 2 asbak tersebut dan letakkan di atas nampan. 
Kini, ada 3 buah asbak di atas nampan.

5. Ambil asbak bersih yang ke-2 dan letakkan perlahan di meja tamu.
Lakukan perlahan dan jangan sampai menimbulkan suara benturan. Harus extra hati-hati jika meja terbuat dari kaca.Jika sudah selesai tinggalkan meja tamu dengan sopan.

Demikian artikel Restofocus tentang cara mengganti asbak. Semoga bermanfaaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar