4/10/2014

Cara Menangani Complaint di Restoran

Dias Akhmad  |  at  4/10/2014  |   |  No comments

Di dalam pelayanan restoran, sering dijumpai adanya ketidakpuasan tamu terhadap pelayanan, baik terjadi karena faktor lama menunggu pesanan, salah antar pesanan, ditemukannya perbedaan harga yang tertera di buku menu dan di komputer kasir dan kasus-kasus lainnya yang sering terjadi.

Untuk menanganinya diperlukan suatu cara atau mekanisme yang mengatur tentang bagaimana menangani complaint dengan tepat.



Berikut cara penanganan complaint di restoran:

1. Listening (Mendengarkan)
Dengarkan semua yang dikeluhkan oleh tamu atau pelanggan dan tidak memotong perkataannya sebelum selesai bicara. Ingat, jangan potong perkataannya. Dengarkan lah dengan baik dahulu.

2. Apologize (Minta maaf)
Sampaikan permintaan maaf secara tulus terhadap apa yang telah dikeluhkan oleh tamu atau pelanggan. Permohonan maaf yang kita lakukan menandakan bahwa kita menyesal dengan apa yang telah terjadi, yang menyebakan seorang pelanggan atau customer menjadi kecewa atau marah.

3. Suggestion (Memberikan saran solusi)
Berikan saran berupa solusi atas apa yang menjadi penyebab terjadinya keluhan atau complaint. 
Contoh : 
Jika yang dicomplaint atau dikeluhkan adalah Jus Jeruk yang rasanya kecut atau asam, maka beri lah saran untuk menggantinya dengan yang baru dan lebih manis atau berikan saran untuk akan segera diberikan gula cair dengan tempat tersendiri ke meja tamu tersebut agar tamu bisa mengukur rasa manis yang dikehendakinya sendiri.

4. Thank you (Terimakasih)
Selalu ucapkan terima kasih atas complaint yang disampaikan oleh tamu. Complaint sangat penting sebagai masukan dan evaluasi atas pelayanan atau service dan menu atau produk yang ada di restoran Anda. Ingat bahwa tamu yang komplen = calon tamu yang loyal jika treatment yang diberikan benar dan tepat.

Demikian cara menangani complaint di restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Menangani Complaint di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.