Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian Restoran Stand Alone Serta Kekurangan dan Kelebihan Restoran Stand Alone

Keberadaan restoran bisa kita jumpai dimana-mana, ada restoran yang berlokasi di pinggir jalan, ada yang di dalam Airport, ada yang di dalam Mall dan lain sebagainya. Dari sinilah kemudian muncul istilah restoran stand alone, yang secara harfiah dalam bahasa Inggris berarti "sistem tunggal" atau "berdiri sendiri".

Pengertian restoran stand alone

Restoran stand alone adalah restoran yang fisik bangunannya berdiri sendiri atau terpisah dari areal bangunan lain dan bukan merupakan bagian dari bangunan lain. 

Meski jika tanah yang digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan restoran diperoleh dengan sistem sewa, restoran tersebut tetap bisa dikatakan sebagai restoran stand alone.


Kekurangan restoran stand alone 

1. Biaya yang lebih mahal
Karena dibangun dari nol, restoran stand alone membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan jika kita menyewa tempat di dalam Mall dan menjadikannya sebuah restoran.

2. Menciptakan pasar sendiri
Mall adalah salah satu tempat berkumpulnya orang-orang, sehingga tak sulit bagi restoran yang ada di Mall untuk mendapatkan konsumen. Berbeda halnya dengan restoran stand alone, jika salah menentukan lokasi yang tepat, maka restoran akan terancam sepi pengunjung. Restoran stand alone harus bekerja keras bagaimana menciptakan pasar mereka.

Kelebihan restoran stand alone

1. Memiliki kebebasan dalam membuat kebijakan
Restoran-restoran yang berada di Mall akan selalu terikat dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh pihak mall, termasuk dalam hal jam buka dan jam tutup restoran. Namun tidak demikian dengan restoran stand alone, mereka bebas menentukan kebijakan operasionalnya sendiri.

2. Lebih dapat menunjukkan karakter atau ciri khas
Sebuah restoran biasanya mengusung tema atau konsep tertentu dalam bangunannya yang ingin dijadikan sebagai ciri khas atau karakter restoran mereka. Hal ini sangat memungkinkan bagi restoran stand alone, namun tidak demikian dengan restoran yang ada di Mall atau di Airport, banyak hal-hal yang membatasi gerak mereka dalam hal konsep bangunan.


Anda juga bisa membaca artikel : Konsep Restoran Unik dan Kreatif

Demikian artikel tentang pengertian restoran stand alone serta kekurangan dan kelebihan restoran stand alone. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top