Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Sistem Shift di Restoran dan Tujuan Serah Terima Kerja Dalam Sistem Shift

Pada umumnya, restoran-restoran dijalankan dengan sistem shift agar operasional di jam buka yang telah ditentukan bisa ditangani dengan baik. Sistem shift juga bertujuan agar karyawan tidak kelelahan bekerja karena jam kerja yang panjang, terutama pada restoran yang menggunakan sistem 2 shift.

Restoran dengan sistem 2 shift biasanya memiliki jam buka dari jam 09.00 hingga jam 22.00 atau dari jam 10.00 hingga jam 23.00. Dengan menggunakan sistem 2 shift, maka karywan akan diberikan masa Split, yaitu istirahat selama 2 hingga 3 jam untuk kemudian kembali bekerja sampai restoran ditutup.


Pada restoran dengan 3 dan 4 shift, jam kerja karyawan menjadi lebih pendek, yaitu 8 sampai dengan 9 jam kerja. Sistem 3 shift biasanya dipakai oleh restoran yang memiliki jam buka dari jam 07.00 hingga jam 23.00, dimulai dari shift pagi yang masuk dari jam 07.00 hingga jam 16.00, disusul oleh shift middle yang masuk dari jam 12.00 hingga jam 21.00, dan terakhir shift sore yang mulai bekerja dari jam 15.00 hingga jam 23.00.

Adapun restoran yang menggunakan sistem 4 shift merupakan restoran yang buka 24 jam. Jam kerja rata-ratanya adalah 8 jam. Dimulai dari shift pagi yang masuk kerja dari jam 07.00 hingga jam 15.00, shift middle dari jam 11.00 hingga jam 19.00, shift sore dari jam 15.00 hingga 23.00 dan shift malam dari jam 23.00 hingga jam 07.00.

Dalam setiap pergantian shift, maka wajib diadakan serah terima kerja shift di setiap divisi, baik di Service, Kitchen, M&FC (Maintenance & Fasility Control), dan tingkat Head atau Leader serta Manager. Adapun tujuan dari serah terima kerja dalam sistem shift adalah sebagai berikut :
  • Mendelegasikan pekerjaan secara estafet kepada shift berikutnya
  • Menginformasikan hal-hal penting atau memo-memo yang perlu diketahui dan ditindak-lanjuti oleh shift berikutnya
  • Menjaga keharmonisan dan saling percaya antar karyawan dengan adanya serah terima kerja yang diakhiri dengan jabat tangan.


Demikian artikel tentang sistem shift di restoran dan tujuan serah terima kerja dalam sistem shift. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top