Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kirim Hadiah Kepada Pelanggan yang Kecewa

Di pelayanan, tak jarang ada pelanggan yang complaint berat karena mendapatkan pelayanan maupun produk yang buruk. Jika sudah seperti ini, maka Manager atau Supervisor restoran harus turun langsung untuk melakukan treatment atau penyembuhan kekecewaan pelanggan. Tak hanya dengan meminta maaf atau penggantian produk, berkirim hadiah kepada pelanggan yang kecewa dilakukan sebagai ungkapan permohonan maaf secara serius.

Pada kasus complaint yang berat, tamu atau pelanggan restoran biasanya akan langsung meminta bertemu dengan Manager atau Supervisor restoran untuk menyampaikan keluhannya secara langsung. Tak jarang, keluhan disampaikan dengan nada yang keras bahkan ancaman karena pelanggan benar-benar dibuat marah dan kecewa dengan pelayanan maupun produk yang disajikan.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Menangani Complaint di Restoran

Tentu tak ada pilihan bagi Manager atau Supervisor restoran, kecuali dengan sikap tenang dan sabar menemui pelanggan yang complaint dan menerima keluhan yang kadang disampaikan dalam bahasa yang kasar sekalipun. Hal yang perlu selalu diingat oleh Manager atau Supervisor adalah bahwa jika kita bisa menangani pelanggan yang complaint ini secara tepat, maka ia sangat berpotensi berubah menjadi pelanggan yang sangat loyal. 


Jadi, ambillah sisi positifnya. Jangan lupa juga untuk secara sopan meminta nomor telfon pelanggan tersebut. Ini penting karena pada kasus complaint berat, butuh pemulihan yang lebih serius, seperti misalnya dengan mengunjungi sang pelanggan di rumahnya secara langsung atau berkirim hadiah kepada pelanggan yang kecewa tersebut. Dengan nomor telfon yang kita dapatkan, kita bisa menghubungi pelanggan di hari berikutnya untuk meminta maaf, sekaligus meminta alamat lengkap pelanggan untuk kita bisa datang langsung ke rumah pelanggan atau berkirim hadiah.


Bentuk hadiah bisa berupa menu favorite pelanggan tersebut. Kita bisa mengetahui apa menu favorite pelanggan dari database pelanggan. Karen itulah, database pelanggan sangat penting artinya bagi kita pelaku bisnis restoran. Selain dengan mengirimkan menu favorite pelanggan yang kecewa, kita juga bisa memberikan free meal vaoucher atau voucher makan gratis dengan nominal tertentu. Semakin berat tingkat complaint, maka semakin besar nominal voucher makan gratis yang harus kita berikan dengan senang hati.

Adapun inti dari berkirim hadiah kepada pelanggan yang kecewa, adalah sebagai ungkapan bahwa kita benar-benar serius meminta maaf dan sangat mengharapkan pelanggan tersebut mau kembali ke restoran kita. Jika kita berhasil membuat pelanggan tersebut kembali, maka yakinlah ia akan menjadi salah satu pelanggan restoran kita yang paling loyal.

Demikian artikel tentang kirim hadiah kepada pelanggan yang kecewa. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top