Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Menggugah Kepedulian Supervisor Restoran Terhadap Pelayanan

Terkadang, kita mendapati supervisor restoran kita menjadi kurang peduli terhadap pelayanan. Entah itu karena terlalu sibuk dengan urusan administrasi, kurang fokus, mengalami kejenuhan atau bahkan antipati terhadap kebijakan management restoran.

Namun apapun itu, pelayanan tidak boleh dikorbankan. Pelayanan adalah salah satu yang menentukan maju mundur nya sebuah restoran. Tak sedikit restoran yang memiliki menu potensial terpaksa harus tutup karena buruknya sistem pelayanan yang mereka miliki. Jadi, saat kepedulian supervisor terhadap pelayanan menurun, maka kita harus berusaha menggugahnya agar kembali kepada fungsi tugas nya termasuk menjaga kualitas pelayanan terhadap pelanggan restoran.


Bagaimana cara kita menggugah kepedulian supervisor terhadap pelayanan?

Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan mengajaknya berbicara empat mata. Kita harus tau apa kendala yang ia hadapi di operasional sebelum kita sampaikan bahwa ia telah dinilai dan terbukti kurang peduli terhadap pelayanan restoran.

Biarkan ia berbicara dan kita mendengarkan. Setelah itu barulah kita sampaikan secara baik koreksi yang harus diterimanya. Setalah kita sampaikan tentang kurang kepeduliannya terhadap pelayanan, kita dorong dan semangati supervisor kita untuk berubah lebih baik lagi. Katakan padanya bahwa perkembangannya akan kita pantau dan kita beri ia waktu 2 bulan untuk memperbaikinya.

Sampaikan juga saran kita bahwa memberi teladan kepada karyawan adalah hal yang paling baik. Dan kita ingin agar supervisor kita memberikan teladan. Katakan padanya untuk ringan membantu crew di lapangan dan jangan berpangku tangan saat dibutuhkan. Sampaikan dengan baik dan buat ia mengerti dan tetap merasa dihargai.

Jangan sekali-kali kita marah atau memarahi supervisor kita di depan crew nya. Hal ini sangat tidak baik untuk kepemimpinannya. Cukuplah dengan kata-kata yang baik dan itu lah yang tepat. Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengevaluasi kinerja sang supervisor. Jika ia menunjukan perubahan, maka itu adalah hal yang baik dan kita patut memberikan apresiasi. Entah dengan mengajaknya makan malam atau memberikannya hadiah kecil.

Namun jika ia tak dapat berubah, maka ia harus kita demosikan atau kita berhentikan dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang supervisor di restoran kita dengan cara yang baik. 

Demikian artikel menggugah kepedulian supervisor restoran terhadap pelayanan. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top