Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tugas Busboy di Restoran

Pelayanan di restoran membutuhkan kecepatan apalagi jika kondisi restoran sedang  ramai seperti waktu makan siang, makan malan, atau ada event tertentu. Dalam hal ini waiter dan waitress juga dibantu dengan kehadiran busboy dalam menghandle tamu. Busboy merupakan assisten atau pembantu waiter terutama dalam soal kebersihan meja yang akan dipakai oleh tamu. Seperti apa tugas seorang busboy di restoran? mari baca artikel ini lebih lanjut.

Beberapa tugas seorang busboy di restoran adalah sebagai berikut :

1. Melakukan clear up
Clear up adalah tindakan mengangkat peralatan saji seperti gelas dan piring kotor bekas makan tamu dari atas meja dan membersihkan meja tersebut hingga siap digunakan kembali. Selanjutnya peralatan saji yang kotor dibawa oleh busboy ke pentry untuk dicuci oleh steward atau bagian diswasher.


Anda juga bisa membaca artikel : Cara Clear up di Restoran

2. Menyapu lantai
Meskipun di restoran ada petugas cleaning service yang bertugas membersihkan lantai, busboy juga wajib membersihkan lantai dengan cara menyapu kotoran-kotoran berupa remahan atau tissue yang terjatuh ke lantai di sekitar meja tamu agar acara makan tamu menjadi nyaman. Selanjutnya petugas cleaning service akan melakukan pengepelan lantai sesuai jadwal pengepelan yang sudah ditentukan.

3. Membuang sampah
Busboy juga bertugas untuk selalu membuang sampah di tong sampah yang sudah penuh yang terletak di area service. Jangan sampai tempat sampah yang sudah penuh dibiarkan begitu saja. Tempat sampah yang penuh akan membuat tamu membuat sampah sedapatnya sehingga berserakan di mana-mana.

4. Membantu menyiapkan condiment
Condiment berupa kecap, saus, toothpick, vas bunga, nomor meja, dan asbak harus selalu standby di tengah meja. Busboy bertugas membantu waiter untuk merapikan posisinya atau menyiapkannya.

Anda juga bisa membaca artikel : 6 Jenis Peralatan Restoran

Itulah beberapa tugas busboy di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top