--> Skip to main content

Tugas Busboy di Restoran

Pelayanan di restoran membutuhkan kecepatan apalagi jika kondisi restoran sedang  ramai seperti waktu makan siang, makan malan, atau ada event tertentu. Dalam hal ini waiter dan waitress juga dibantu dengan kehadiran busboy dalam menghandle tamu. Busboy merupakan assisten atau pembantu waiter terutama dalam soal kebersihan meja yang akan dipakai oleh tamu. Seperti apa tugas seorang busboy di restoran? mari baca artikel ini lebih lanjut.

Beberapa tugas seorang busboy di restoran adalah sebagai berikut :

1. Melakukan clear up
Clear up adalah tindakan mengangkat peralatan saji seperti gelas dan piring kotor bekas makan tamu dari atas meja dan membersihkan meja tersebut hingga siap digunakan kembali. Selanjutnya peralatan saji yang kotor dibawa oleh busboy ke pentry untuk dicuci oleh steward atau bagian diswasher.


2. Menyapu lantai
Meskipun di restoran ada petugas cleaning service yang bertugas membersihkan lantai, busboy juga wajib membersihkan lantai dengan cara menyapu kotoran-kotoran berupa remahan atau tissue yang terjatuh ke lantai di sekitar meja tamu agar acara makan tamu menjadi nyaman. Selanjutnya petugas cleaning service akan melakukan pengepelan lantai sesuai jadwal pengepelan yang sudah ditentukan.

3. Membuang sampah
Busboy juga bertugas untuk selalu membuang sampah di tong sampah yang sudah penuh yang terletak di area service. Jangan sampai tempat sampah yang sudah penuh dibiarkan begitu saja. Tempat sampah yang penuh akan membuat tamu membuat sampah sedapatnya sehingga berserakan di mana-mana.

4. Membantu menyiapkan condiment
Condiment berupa kecap, saus, toothpick, vas bunga, nomor meja, dan asbak harus selalu standby di tengah meja. Busboy bertugas membantu waiter untuk merapikan posisinya atau menyiapkannya.

Demikian artikel tentang beberapa tugas busboy di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar