5/23/2015

Pentingnya Himbauan Kebersihan di Kamar Mandi Restoran

Dias Akhmad  |  at  5/23/2015  |   |  No comments

Saat kita berkunjung ke suatu restoran dan kita pergi ke kamar mandi atau toiletnya, maka kita akan bisa segera menyimpulkan sejauh mana kualitas pemerliharaan kebersihan restoran tersebut. Jika kamar mandinya tampak terawat dan bersih, kita akan juga yakin bahwa pemeliharaan kebersihan kitchen dan makanannya bersih. Namun jika yang kita temukan adalah kamar mandi yang jorok dan berbau tidak sedap, maka bisa jadi kita langsung  kehilangan selera makan karena sudah terbayang betapa buruknya kualitas pemeliharaan kebersihan di restoran tersebut.

Maka adalah suatu keharusan bagi pengusaha restoran atau rumah makan untuk selalu memperhatikan kebersihan kamar mandi atau toiletnya. Kita membutuhkan petugas cleaning service yang professional dalam mengerjakan tugas-tugas kebersihan di restoran kita. Namun, selain dengan ditangani oleh karyawan cleaning service yang professional, juga perlu adanya peringatan atau himbauan kepada pengguna kamar mandi mengenai pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi untuk kenyamanan bersama.

Peringatan atau himbauan kepada pengguna kamar mandi yang penting diantaranya adalah tidak boleh membuang pembalut wanita atau tissue ke dalam kloset. Hal ini disebabkan karena pembalut dan tissue bisa menyebabkan penyumbatan serius pada pipa pembuangan air.

Sebagai contoh, saya pernah menggunakan jasa layanan sedot limbah untuk menangani penyumbatan pada area kamar mandi dan wastafel dengan biaya 700 ribu. kurang lebih 3 jam, petugas jasa layanan sedot limbah bekerja dan kemudian penyumbatan berhasil ditangani. Namun beberapa hari kemudain, penyumbatan kembali terjadi dan tidak ada garansi dari penyedia jasa layanan sedot limbah tersebut.

Tentu jika hal ini terjadi berulang-ulang, maka akan banyak biaya yang harus kita keluarkan. Nah, menurut saya solusi terbaik adalah dengan pencegahan. Dan salah satu cara pencegahan adanya pengguna kamar mandi restoran yang membuang pembalut dan tisseu ke dalam kloset adalah dengan memberikan informasi atau himbauan yang tepat agar pengguna kamar mandi menyadari apa yang seharusnya dilakukan.


Selain dengan memberikan himbauan atau informasi kebersihan di kamar mandi denganc cara di tempel di dinding atau balik pintu kamar mandi, pencegahan terbaik juga dengan menyediakan tempat sampah yang cukup di kamar mandi restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Mengepel Lantai dengan Benar

Jika misalnya ada tamu restoran yang ingin membuang pembalut nya di kamar mandi dan membaca tulisan " Dilarang membuang pembalut di kloset":, maka ia kemudian akan mencari tempat selain kloset untuk ia bisa membuang pembalutnya. Namun jika tidak ada tempat sampah yang disediakan di kamar mandi tersebut, maka bisa jadi, tamu tersebut akan tetap membuangnya di kloset kamar mandi.

Demikian artikel pentingnya himbauan kebersihan di kamar mandi restoran. Semoga bermanfaat.

Pentingnya Himbauan Kebersihan di Kamar Mandi Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.