5/16/2015

Head Waiter dan Captain Waiter di Restoran

Dias Akhmad  |  at  5/16/2015  |   |  No comments

Head service atau juga disebut head waiter adalah seseorang yang memiliki jabatan, kewenangan, dan fungsi tugas  terbesar sekaligus penanggung jawab tertinggi dalam divisi service. Ia setara dengan supervisor dan dibawah manager outlet. Head service dalam tugasnya dibantu oleh wakilnya yang disebut captain waiter. Jadi, captain waiter merupakan assisten head waiter dalam menghandle operasional service di restoran.

Apa yang membedakan dari dua jabatan ini?
Hal mendasar yang membedakan tugas seorang head waiter dan captain waiter adalah sebagai berikut :
  • Head waiter : 70 % administrasi dan koordinasi,  30 % operasional di lapangan
  • Captain waiter : 30 % administrasi, 70 % operasional dan koordinasi di lapangan

Sudah mendapat gambaran yang jelas bukan?
Captain waiter membantu sebagian besar tugas head waiter di lapangan sehingga semua permasalahan yang ada dapat dihandle dan disolusikan dengan baik. Karena 70 % tugas dan tanggung jawab seorang captain waiter adalah di operasional, maka ia akan lebih intens berada di lapangan (baca = operasional) ketimbang mengerjakan administrasi di office.

Anda juga bisa membaca artikel : Fungsi Agenda Kerja Seorang Captain Waiter

Sementara head waiter akan berpikir dan mengatur strategi agar semua permasalahan service bisa ditangani dengan baik. Tentu berpikir untuk mengatasi sesuatu bukanlah hal mudah. Ia harus juga mempunyai pertimbangan yang matang dalam memutuskan sesuatu.Termasuk juga pengerjaan administrasi seperti RAB service, RAB karyawan, dan lain sebagainya.

Head waiter dan captain waiter haruslah bisa sejalan dalam visi dan misi. Pemikiran boleh berbeda, tapi tujuan harus sama. Dan hal yang paling penting adalah jangan sampai di adu domba oleh karyawan dibawahnya yang mempunyai kepentingan-kepentingan tertentu. Hal yang paling membahayakan adalah jika antara head waiter dan captain waiter berebut pengaruh dan hak di dengar. Untuk itu, koordinasi dan komunikasi antara head waiter dan captain waiter harus terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : jojo 77

Head Waiter dan Captain Waiter di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.