Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Fungsi Penting Exhaust Fan Untuk Kicthen Restoran

Saat bekerja di area dapur atau kitchen restoran, suhu udara dalam ruangan kitchen bisa menjadi panas karena adanya hawa panas yang berasal dari api kompor, uap masakan, dan cuaca panas dari luar bangunan restoran. Selain itu, semakin banyak jumlah crew kicthen, maka kondisi suhu ruangan kitchen akan semakin mudah menjadi panas karena kita menghirup oxygen dan mengeluarkan karbon dioksida. Suhu ruangan yang panas akan membuat kita menjadi mudah berkeringat dan cepat lelah. Hal seperti ini tentu sangat mengganggu kinerja crew kitchen. Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menjadi kendala dalam operasional restoran.

Apa yang sebaiknya dilakukan?

Adanya ventilasi udara di area kitchen akan membantu melancarkan sirkulasi udara dan memberikan asupan oxygen bagi karyawan yang sedang bekerja. Namun, ventilasi udara hanya mengandalkan angin alami yang kecepatannya tidak konsisten. Kadang angin berhembus dengan baik melalui lubang ventilasi udara dengan baik dan kadang tidak sama sekali. Untuk itu diperlukan suatu alat bantu yang bisa menambah kecepatan pertukaran udara ruangan, agar pertukaran atau pergantian udara tersebut terjadi secara konsisten dan mencukupi kebutuhan. 

Apa alat bantu yang tepat?


Menurut hemat saya exhaust fan adalah jawabannya. Exhaust fan tidak hanya bisa membatu mengalirkan udara secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan pertukaran udara, namun juga berfungsi mengeluarkan asap dan uap yang dihasilkan dari proses memasak. Exhaust menarik udara dan minyak dari dalam ruangan kicthen untuk kemudian diganti dengan udara bersih dari luar. 

Dengan adanya exhaust fan, maka suhu udara yang panas di ruangan kitchen bisa dikurangi. Dengan demikian, crew kitchen bisa bekerja dengan nyaman. Namun dalam hal ini, perlu juga diperhatikan kebersihan exhaust fan. Jika perlu lakukan pembersihan exhaust fan satu minggu sekali, dan minimal satu bulan sekali yaitu pada saat general cleaning restoran.

Demikian artikel fungsi penting exhaust fan untuk kitchen restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top