5/06/2015

Cara Mengepel Lantai Dengan Benar

Dias Akhmad  |  at  5/06/2015  |   |  No comments

Untuk menjaga kebersihan restoran, maka banyak hal yang harus diperhatikan termasuk kebersihan lantai. Lantai restoran yang kotor akan memberikan kesan bahwa management restoran kurang memperhatikan kebersihan. Dan sangat mungkin jika kemudian konsumen atau tamu restoran menjadi berpikir "lantai di  ruang makan saja jorok, bagaimana di kicthennya? jangan-jangan koki nya juga jorok..". Nah, jika konsumen sudah berpikir seperti ini, bisa saja konsumen tersebut membatalkan niatnya untuk memesan makanan dan minuman. Dan jika pun konsumen  tersebut tetap memesan makanan dan minuman, mereka tidak akan merasa nyaman, karena sudah pasti, lantai yang kotor akan membuat suasana makan menjadi tidak nyaman dan bahkan mengundang banyak lalat yang beterbangan di area ruang makan restoran dan mengganggu tamu yang sedang makan. Untuk itu kita harus selalu memperhatikan kebersihan lantai restoran dengan cara mengepelnya setiap waktu. Lalu bagaimana cara mengepel lantai yang benar? 

Banyak insiden tamu restoran terpeleset jatuh karena lantai restoran yang licin. Jika seperti ini, ternyata menjaga kebersihan lantai restoran dengan mengepel saja tidaklah cukup, tapi juga dibutuhkan pemahaman tentang bagaimana cara mengepel lantai dengan benar.

Sebelum melakukan pengepelan lantai, ada beberapa alat yang harus kita persiapkan yaitu :

1. Pel lantai
Gunakan pel lantai yang bertangkai agar mudah dan praktis. Hindari tangkai pel yang terbuat dari besi atau kayu yang berat karena akan menyulitkan dalam proses pengepelan nantinya. Pilihlah pel lantai yang tangkainya terbuat dari aluminium yang relatif ringan.

2. Press mop
Press mop adalah tempat air yang secara khusus difungsikan untuk pengepelan dan mudah dipindahkan karena memiliki roda di bawahnya. Jika di restoran anda belum tersedia press mop, silahkan gunakan ember. Isilah press mop atau ember dengan air kira-kira setengah dari kapasitas  tampung press mop atau ember yang digunakan.


3. Chemical pembersih lantai
Gunakan chemical yang baik. Saya sarankan jangan terlalu berhitung soal harga untuk masalah pemeliharaan kebersihan restoran. Tuangkan cairan chemical pembersih lantai sesuai takaran yang pas menurut anda atau yang direkomendasikan dalam petunjuk penggunaan chemical pembersih lantai tersebut.

Jika semua persiapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya kita akan mulai ke tahap pengepelan lantai sebagai berikut :

1. Pasang tanda peringatan 
Pasanglah tanda peringatan bahwa sedang ada pengepelan lantai. Hal ini untuk menghindari ada tamu yang tak sengaja melintas saat lantai masih dalam keadaan basah sehingga ia terpeleset dan jatuh. Sangat berbahaya apalagi bagi lansia dan anak kecil.

2. Masukan serabut pel ke dalam air yang sudah diberi chemical. Angkat pel dan press dengan presser atau alat pemeras air yang ada pada press mop. Jika anda menggunakan ember, maka peraslah serabut pel tersebut dengan tangan hingga tidak ada air yang menetes ke lantai.

3. Arahkan serabut pel ke lantai dengan cara sedikit ditekan. Gosokan serabut pel lantai secara teratur dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Buatlah tanda lurus dengan cara mengepel sejumlah ubin atau keramik lantai saja, misalnya 3 atau 4 ubin. Lakukan dengan cara mundur dan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Prinsipnya harus dengan langkah mundur. Untuk lebih teratur, ikutilah garis ubin atau keramik yang anda tentukan untuk pengepelan secara bertahap.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Merawat Sapu dan Pel Lantai Agar Tidak Cepat Rusak

Sampai disini, anda sudah melakukan teknik pengepelan lantai dengan benar. Satu hal yang penting untuk diingat adalah, sebelum melakukan pengepelan, lantai harus sudah dibersihkan dari debu dan sampah dengan mengggunakan sapu lantai terlebih dahulu. Jika kita melakukan pengepelan lantai tanpa membersihkan debu dan sampah yang ada di lantai lebih dulu, maka sama saja kita meratakan kotoran ke semua area lantai restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Mengepel Lantai Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.