5/14/2015

Apa itu Table D'hote?

Dias Akhmad  |  at  5/14/2015  |   |  No comments

Selain a la carte, buffet, dan self service atau fastfood, di restoran juga mengenal sistem pelayanan menu table d'hote. Sebagai seorang yang bekerja di food and beverage service, tentu kita harus memahami dengan baik tentang table d'hote. Hal yang mungkin kita pikirkan pertama kali adalah apa itu table d'hote? ya, di artikel ini kita akan membahas mengenai definisi atau pengertian sistem pelayanan menu table d'hote.

Table d'hote juga dikenal dengan nama set menu. Kenapa disebut dengan set menu?
Table d'hote adalah sistem pelayanan atau penyajian menu dimana menu yang disajikan merupakan sajian lengkap dari mulai menu pembuka (appetixer) hingga menu penutup (dessert) dengan jumlah menu yang terbatas jumlahnya dan telah dipesan atau ditentukan oleh tamu atau konsumen restoran sebelumnya serta dengan harga yang sudah ditetapkan dalam paket (set menu).


Dalam pelayanan dengan sistem table d'hote atau set menu biasanya peralatan makan dan minum sudah di set atau dipasang di atas meja makan. Biasanya table d'hote dipesan oleh tamu atau pelanggan restoran yang tidak mau menuggu dan ingin segera bisa makan dan minum begitu mereka datang. Jadi tamu atau pelanggan restoran tersebut menghubungi pihak restoran sebelumnya untuk melakukan pemesanan. Pada saat tamu datang, meja tempat duduk tamu tersebut telah disiapkan berikut peralatan makan dan  minumnya yang sudah ditata rapi di atas meja. Dan tentu saja menu atau hidangan juga bisa langsung disajikan tanpa harus menunggu karena menu telah dimasak atau disiapkan pihak restoran sebelum tamu datang.

Anda juga bisa membaca artikel : Pengertian Ready Plate Service

Hal yang cukup merepotkan waiter dan waitress pada sistem pelayanan table d'hote ini adalah jika pemesanan dibatalkan karena suatu sebab. Jadi meja dan kursi yang telah disusun rapi dan perlatan makan dan minum yang sudah di set harus di bongkar lagi. Dalam hal ini, pihak marketing restoran sebagai penerima pesanan harus bisa memberikan sistem penerimaan pesanan yang baik sehingga kejadian pembatalan pesanan dengan sistem table d'hote atau set menu bisa dikurangi. Semoga bermanfaat.

Apa itu Table D'hote? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.