4/06/2015

Menjadi Supervisor Teladan

Dias A  |  at  4/06/2015  |   |  No comments

Kata teladan tentu mencirikan sesuatu yang baik yang patut dijadikan contoh. Dalam dunia pekerjaan, kita juga bisa mendapati orang-orang professional yang bisa kita jadikan teladan dalam bekerja. Tidak terkecuali dalam dunia restoran, hadir nya seorang supervisor yang bisa memberikan teladan yang baik kepada bawahannya akan memberikan nilai luar biasa dalam membangun tim yang kompak dan solid. Tim yang kompak dan solid akan menghasilkan sebuah kerjasama nya luar biasa untuk kelancaran operasional  restoran.

Selain sebagai seorang pemimpin, supervisor juga bisa membawa pengaruh besar bagi tim atau bawahannya. Misalnya jika supervisornya seorang yang mudah marah, maka tidak heran jika tim atau bawahannya menjadi tidak ramah dan jarang tersenyum. Ya, sangat besar sekali pengaruh seorang supervisor terhadap bawahannya sehingga seorang supervisor harus selalu berpikir dengan cermat sebelum mengambil keputusan atau bertindak.

Supervisor juga bisa menjadi inspirasi bagi para bawahannya. Menjadi motivator  handal bagi tim nya dalam meraih prestasi kerja yang gilang gemilang. Prestasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu atau pelanggan restoran, prestasi dalam menjaga kebersihan restoran, dan prestasi dalam menjaga kualitas menu yang baik dan lezat.


lalu bagaimana seorang supervisor bisa menjadi panutan atau teladan bagi tim atau bawahannya? berikut adalah beberapa hal  yang bsa dilakukan seorang supervisor dalam membangun karakter yang bisa menjadi teladan bagi tim atau bawahannya :

1. Jadi orang pertama dalam penegakan disiplin
Jika kita ingin tim atau karyawan restoran kita disiplin, maka mulailah dari diri kita. Jadilah orang pertama yang berdisiplin tinggi dan karyawan anda akan mengikuti. Disiplin lah dalam waktu kerja, berpenampilan, dan mematuhi semua aturan yang ada. Jangan segan untuk menegur siapapun yang berbuat kesalahan dalam pekerjaan. Semakin tegas akan semakin baik untuk tim.

2. Ringan tangan
Meskipun tugas supervisor bukanlah untuk menghandle hal-hal teknis, tapi janganlah anda berpangku tangan jika melihat karyawan anda sedang kerepotan atau membutuhkan bantuan anda. Misalnya pada saat ramai pengunjung dan banyak tamu yang mengantri, banyak meja yang belum di clear up, ambilah segera tindakan untuk membantu melakukan clear up agar tamu cepat dapat tempat duduk dan memesan makanan. Sikap ringan tangan atau suka membantu akan membuat tim anda merasa percaya bahwa anda mengerti mereka. Hindari kebiasaan memasukan telapak tangan kedalam saku celana karena akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang hanya mau melihat dan berpangku tangan. Penilaian karyawan dan penilaian tamu tidaklah jauh berbeda. Sikap pro aktif dan ringan tangan akan memberikan pengaruh besar atas kepercayaan tim kepada anda sebagai seorang pemimpin.

3. Bersikap ramah
Jabatan hanyalah pembagian tugas kerja, tanggung jawab, dan kewenangan. Jadi tidak layak seorang supervisor untuk bersikap sombong atau angkuh kepada bawahannya. Dalam pekerjaan, semua bagian adalah penting. Bersikap ramah adalah hal terbaik yang harus anda contohkan agar karyawan terbiasa bersikap ramah kepada anda, teman sekerjanya, dan juga kepada semua tamu atau pelanggan restoran. Sikap ramah akan membuat suasana kerja menjadi sangat menyenangkan. 

4. Hindari marah dan membentak karyawan
Jika kita mendapati seorang karyawan yang melakukan kesalahan, janganlah kita tegur secara berlebihan dengan memarahinya di depan tamu dan karyawan lain. Berikanlah teguran sewajarnya, jika dirasa perlu dan serius, panggilah karyawan tersbut ke office untuk anda berikan teguran atau pengarahan dengan lebih serius. Bersikap tegas tidak selalu berarti marah atau membentak. Bersikap tegas adalah bertindak dan memutuskan sesuatu berdasarkan aturan yang ada dengan cara yang baik dan tepat.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membangun karakter seorang supervisor yang bisa menjadi inspirasi dan teladan bagi tim atau bawahannya. Semoga bermanfaat.

Menjadi Supervisor Teladan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias A

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.