Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Berapa Lama Jam Kerja Supervisor?

Artikel ini saya tulis sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang pembaca Restofocus.com mengenai jam kerja seorang supervisor di restoran. Ya, bagi anda yang tertarik untuk berkarir sebagai seorang supervisor restoran, tentu jam kerja adalah salah satu hal yang ingin anda ketahui. Saya akan mengulas nya secara khusus di artikel ini. Selamat membaca.

Pada dasarnya jam kerja supervisor restoran sangat tergantung kepada kebijakan perusahaan atau pemilik restoran tersebut. Jadi antara satu restoran dengan restoran lainnya bisa saja jam kerja supervisor nya berbeda. Untuk itu saya akan mencoba memberikan contoh sederhana mengenai jam kerja supervisor restoran berdasarkan sistem shift sebagai berikut :

1. Restoran 24 jam
Restoran yang buka 24 jam biasanya menggunakan 4 shift yaitu :
a. Shift pagi (jam 07.00 s/d jam 15.00)
b. Shift midle (jam 11.00 s/d jam 20.00)
c. Shift sore (jam 15.00 s/d jam 23.00)
d. Shift malam (jam 23.00 s/d jam 07.00)

2. Restoran 3 shift
Restoran dengan 3 shift biasanya lebih panjang 1 jam waktu kerjanya dengan pertimbangan operasional sebagai berikut :
a. Shift pagi (jam 08.00 s/d jam 17.00)
b. Shift midle (jam 12.00 s/d jam 21.00)
c. Shift sore (jam 15.00 s/d jam 24.00)
Restoran ini biasanya baru siap melayani pembeli  atau konsumen pada jam 09.00 atau 10.00 pagi


c. Restoran 2 shift
Restoran ini baru siap melayani pembeli atau konsumen pada jam 10.00 atau 11.00 pagi  dan tutup restoran pada jam 23.00. Sistem shift nya biasanya menggunakan SPLIT sebagai berikut :
a. Shift 1 ( masuk kerja jam 09.00 s/d jam 14.00, SPLIT (istirahat s/d jam 17.30),masuk lagi jam 17.30 s/d jam 21.00)
b. Shift 2 (masuk kerja jam 12.00 s/d jam 17.30, SPLIT (istirahat s/d jam 20.00), masuk lagi jam 20.00 s/d jam 23.00.

Nah, sekarang mungkin anda sudah memiliki gambaran tentang jam kerja di restoran yang termasuk di dalam nya jam kerja supervisor restoran. Dengan contoh yang saya uraikan di atas, tentu anda juga sudah bisa memperkirakan berapa lama jam kerja supervisor di restoran. Hal lain yang perlu di catat adalah tidak ada jam istirahat khusus bagi pegawai restoran kecuali bagi restoran yang menggunakan sistem split seperti pada contoh restoran dengan 2 shift. 

Istirahat bagi pegawai restoran hanyalah sekedar untuk makan, minum, dan beribadah. Itupun biasanya ditentukan lamanya tidak lebih dari 30 menit. Hal ini wajar dikarenakan pegawai restoran harus melayani tamu atau konsumen pada jam makan siang atau jam-jam ramai restoran. Jadi seorang pegawai restoran harus pandai mengambil waktu yang tepat untuk kapan ia makan dan beribadah sholat. Jika pegawai restoran makan pada saat tamu ingin makan, tentu tidak cocok sebagai seorang pegawai restoran bukan?

Untuk supervisor tentu juga dituntut loyalitas nya kepada perusahaan. Seorang supervisor juga harus memberikan teladan yang baik kepada karyawannya, sebagai contoh ia harus hadir sebelum yang lain hadir, dan pulang pada saat kondisi di restoran sudah kondusif dan dipastikan sudah ada delegasi tugas untuk memastikan semua nya berjalan dengan lancar.

Jadi pada prinsipnya, lamanya jam kerja supervisor restoran sangat tergantung pada sistem shift yang diberlakukan di sebuah restoran. Yang pasti, loyalitas anda sebagai seorang supervisor juga diperhatikan atau dinilai oleh atasan anda dengan memperhatikan kedisiplinan dan loyalitas jam kerja anda sebagai seorang supervisor.

Demikian artikel mengenai berapa lama jam kerja supervisor di restoran?. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top