--> Skip to main content

Fungsi Molton dan Cara Menggunakannya

Molton atau ada juga yang menyebut : silencer, silence cloth, under cloth adalah alas meja makan yang terbuat dari kain yang tebal dan lunak atau lentur. Molton dipasang pada permukaan meja sebelum meja makan diberi taplak meja atau tablecloth. Tidak semua restoran tradisional di indonesia menggunakan molton dan tablecloth untuk meja makan tamu dalam operasional sehari-hari. Biasanya molton dan tablecloth hanya dipasang pada event tertentu, misalnya saat acara table manner dan acara penting lainnya.

Adapun yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah mengenai fungsi molton dan cara menggunakannya. Meskipun misalnya di restroran Anda jarang ada event yang mengharuskan penggunaan molton, namun ada baiknya setiap Waiter di restoran mengenal fungsi molton dan cara menggunakannya.

Biasanya restoran yang sudah menyediakan fasilitas table manner akan dianggap sebagai restoran high class yang tentu memberikan citra positif. Maka, menjadi penting bagi manajemen restoran untuk memberikan pelatihan khusus kepada Waiter mengenai table manner, dan salah satu hal yang harus diketahui adalah mengenai fungsi molton dan cara menggunakannya.

Apa saja fungsi molton dan bagaimana cara menggunakan molton?

Berikut adalah beberapa fungsi molton :

1. Peredam bunyi atau suara
Dalam table manner, saat waiter menyajikan makanan dan minuman, harus dengan cara perlahan dan jangan sampai menimbulkan bunyi benturan antara alat saji seperti piring dan gelas dengan permukaan meja makan. Di sini, molton  berfungsi sebagai peredam bunyi atau suara.

2. Menyerap cairan
Jika secara tidak sengaja ada kuah sayur atau juice yang tumpah di atas meja makan, maka molton dapat berfungsi sebagai kain yang bisa menyerap cairan. Itu sebabnya biasanya molton terbuat dari kain yang tebal namun dengan tekstur yang lentur atau tidak kaku.

3. Melindungi permukaan meja
Ada restoran yang menggunakan meja dengan bahan kayu yang diberi pelitur di permukaannya. Jika bersentuhan langsung dengan sajian yang panas seperti  mangkuk berisi sop buntut, hot plate, atau teh poci yang panas, permukaan meja dan peliturnya bisa cepat rusak. Dengan adanya molton, permukaan meja dapat terlindungi.

4. Menjaga posisi taplak meja (tablecloth) agar tidak bergeser
Molton memiliki tali yang dikaitkan satu sama lain di bawah meja. Ini membuat posisi molton yang dipasang  sebelum taplak meja terikat dengan kuat sehingga taplak meja tidak mudah bergeser atau meleset yang bisa menyebabkan kecelakaan pada saat penyajian menu, misalnya tumpah karena taplak meja bergeser atau meleset.


5. Menambah kerapian taplak meja
Dengan adanya molton yang menjadi alas taplak meja, maka taplak meja akan tampak lebih rapi dan halus permukaannya. 

Bagaimana cara menggunakan molton?

Berikut adalah cara atau langkah-langkah menggunakan molton :

1. Hamparkan molton di atas permukaan meja
2. Tarik setiap sudutnya agar tidak berkerut
3. Kaitkan tali molton satu sama lainnya dengan kuat di bawah meja
4. Hamparkan taplak meja di atas molton yang telah terpasang
5. Sesuaikan lebar taplak meja agar sama rata ujung-ujung nya (tidak ada yang lebih panjang ke bawah) dan molton tertutup dengan sempurna.

Catatan : Bentuk molton lebih kecil dari taplak meja, molton harus terbuat dari kain yang tebal dan bersifat menyerap cairan

Demikian artikel tentang fungsi molton dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar