Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Fungsi Molton dan Cara Menggunakannya

Molton atau ada juga yang menyebut : silencer, silence cloth, under cloth adalah alas meja makan yang terbuat dari kain yang tebal dan lunak atau lentur. Molton dipasang dipermukaan meja sebelum meja makan diberi taplak meja atau table cloth. Tidak semua restoran tradisional di indonesia menggunakan molton dan table cloth untuk meja makan tamu dalam operasional sehari-hari. Biasanya molton dan table cloth hanya dipasang pada event tertentu, misalnya acara table manner dan acara penting lainnya.

Adapun yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah mengenai fungsi molton dan cara menggunakannya. Meskipun misalnya di restroran anda jarang ada event yang mengharuskan penggunaan molton, namun ada baiknya setiap waiter di restoran mengenal fungsi molton dan cara menggunakannya. Biasanya restoran yang sudah menyediakan acara table manner akan di anggap sebagai restoran high class yang tentu ini adalah citra positif yang layak untuk anda dapatkan. Satu satu cara nya adalah dengan memberikan pelatihan khusus kepada waiter restoran untuk bisa mengenal lebih jauh tentang table manner, dan salah satu hal yang harus diketahui adalah mengenai fungsi molton dan cara menggunakannya.

Apa saja fungsi molton dan bagaimana cara menggunakan molton? 
Berikut adalah beberapa fungsi molton :

1. Peredam bunyi atau suara
Dalam table manner, saat waiter menyajikan makanan dan minuman, harus dengan cara perlahan dan jangan sampai menimbulkan bunyi benturan antara alat saji seperti piring dan gelas dengan permukaan meja makan. Di sini, molton  berfungsi sebagai peredam bunyi atau suara.
2. Menyerap cairan
Jika secara tidak sengaja terjadi kuah sayur atau juice yang tumpah di atas meja makan, maka molton dapat berfungsi sebagai kain yang bisa menyerap cairan. Itu sebab nya biasanya molton terbuat dari kain yang tebal namun dengan tekstur yang lentur atau tidak kaku.

3. Melindungi permukaan meja
Ada restoran yang menggunakan meja dengan bahan kayu yang diberi pelitur di permukaannya. Jika bersentuhan langsung dengan sajian yang panas seperti  mangkuk berisi sop buntut, hot plate, atau teh poci yang panas, permukaan meja dan pelitur nya bisa cepat rusak. Dengan adanya molton, permukaan meja dapat terlindungi.

4. Menjaga posisi taplak meja (table clocth) agar tidak bergeser
Molton memiliki tali yang dikaitkan satu sama lain di bawah meja. Ini membuat posisi molton yang dipasang  sebelum taplak meja (table cloth) terikat dengan kuat sehingga taplak meja tidak mudah bergeser atau meleset yang bisa menyebabkan kecelakaan pada saat penyajian menu misalnya tumpah karena taplak meja bergeser atau meleset.


5. Menambah kerapihan taplak meja
Dengan adanya molton yang mengalasi taplak meja, maka taplak meja akan tampak lebih rapi dan halus permukaannya. Tentu sangat baik dari sudut pandang service.

Bagaimana cara menggunakan molton? 
Berikut adalah cara menggunakan molton :

1. Hamparkan molton di atas permukaan meja
2. Tarik setiap sudut nya agar tidak berkerut
3. Kaitkan tali molton satu sama lainnya dengan kuat di bawah meja
4. Hamparkan taplak meja di atas molton yang telah terpasang
5. Sesuaikan lebar taplak meja agar sama rata ujung-ujung nya (tidak ada yang lebih panjang ke bawah) dan molton tertutup dengan sempurna.

Catatan : Bentuk molton lebih kecil dari taplak meja, molton harus terbuat dari kain yang tebal dan bersifat menyerap cairan

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Memasang Skirting Meja Prasmanan

Demikian artikel tentang fungsi molton dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top