12/22/2014

Cara Mempertahankan Kualitas Kebersihan Restoran dengan Sistem General Cleaning

Dias Izdihar  |  at  12/22/2014  |   |  No comments


Kebersihan dari sebuah Restoran merupakan salah satu faktor utama yang bisa mengundang atau menjauhkan tamu. Jika saya berkunjung ke sebuah Rumah Makan atau Restoran dan saya dapati kamar mandi atau toilet nya jorok, saya akan langsung berpikir, bagaimana cara masaknya di dalam kitchen sana? apakah peralatannya bersih? apakah para Koki nya menggunakan Standart Kebersihan?

Kebersihan adalah faktor yang sangat penting dan menjadi tolak ukur kualitas sebuah Restoran. Sekarang bagaimana caranya agar pengelola Restoran (Manager, Supervisor) bisa mempertahankan kualitas kebersihan dengan standart yang diharapkan?

Ingat, Bangunan yang masih baru, jika tidak di tangani dengan sistem perawatan dan kebersihan yang baik, maka jangan heran jika dalam waktu 1 bulan saja, bangunan baru yang indah sudah berubah menjadi bangunan semrawut dan jorok.

Satu cara yang sangat efektif untuk dapat dijalankan dalam mempertahankan kualitas kebersihan Restoran adalah dengan General Cleaning yang diadakan 1 bulan sekali. Sebagai contoh, anda bisa menetapkan tanggal General Cleaning di setiap tanggal 20 tiap bulan.



Apa itu General Cleaning? 
General Cleaning adalah kegiatan membersihkan secara bersama-sama atau melibatkan seluruh karyawan dari mulai Supervisor, kasir, waiter, koki, gardener, maintenance, hingga Security.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan General Cleaning?
Waktu yang tepat adalah saat Closing atau tutup Restoran di malam hari. Biasanya berlangsung selama 2 s/d 3 jam.

Apa kelebihan dari General Cleaning?
Mungkin ada yang mengatakan, General Cleaning tidak perlu jika setiap hari karyawan rajin melakukan bersih-bersih. ya mungkin benar, tapi totalitas dalam membersihkan saat operasional dengan pada saat General Cleaning sangat lah berbeda. Saat operasional misalnya, jika kita mau bersih-bersih kursi atau sofa, maka kita harus memperhatikan tamu, jangan sampai debu beterbangan dan lain sebagainya. Sebaliknya, saat General Cleaning kita bisa membersihkan setiap perlatan seperti Kursi, Freezer, dan lain-lain dengan sangat maksimal.

Jangan lupa berikan karyawan anda Snack atau makan bersama setelah acara Genaral Cleaning. Tanamkan rasa kekeluargaan yang kuat dan rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi terhadap aset perusahaan sehingga semua karyawan akan dengan sangat menjaga barang atau peralatan apapun yang berhubungan dengan pekerjaannya.

Demikian posting Restofocus mengenai cara mempertahankan kualitas kebersihan Restoran dengan General Cleaning. Semoga bermanfaat.

Cara Mempertahankan Kualitas Kebersihan Restoran dengan Sistem General Cleaning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.