--> Skip to main content

FinTech dan Kesiapan Restoran Dalam Mengadopsi Inovasi Sistem Pembayaran di Era Digital

Kemajuan teknologi telah turut memberikan andil dalam kemajuan di bidang finansial, sebut saja dalam hal kemudahan proses pembayaran. Baru-baru ini muncul sebuah istilah baru, yaitu FinTech yang sangat erat kaitannya dengan penerapan teknologi dalam bidang finansial. Apa itu FinTech? dan bagaimana kesiapan restoran dalam mengadopsi FinTech?

Pengertian atau definisi FinTech

Berdasarkan definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC), FinTech adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi terbaru di bidang jasa finansial. Kata FinTech berasal dari penggabungan dua kata, yaitu financial dan technology. 


Siapkah restoran Anda mengadopsi FinTech?

Sesuatu yang baru memang terkadang diragukan banyak orang, terutama dalam sisi kenyamanan dan keamanan. Seperti halnya saat pertama kali orang mulai mengenal komputer di era 80-an. Saat itu lebih banyak orang yang meragukan komputer dan lebih memilih mesin tik. Namun lambat laun, komputer lah yang kini hadir di setiap sudut ruang kerja.

Kemudahan dalam proses pembayaran merupakan salah satu nilai lebih yang pasti dicari dan dipertimbangkan oleh konsumen. Dengan demikian, mengadopsi inovasi FinTech dalam hal pembayaran merupakan hal baik yang harus dipersiapkan sedari sekarang.

Pembayaran konvensional dengan cara bertransaksi langsung di depan kasir menggunakan uang tunai mungkin masih dilakukan konsumen hingga sekarang, namun bagaimana dengan 5 atau 10 tahun ke depan? akankah tetap sama?. Bukankah munculnya FinTech sudah bisa menjadi gambaran transaksi pembayaran di masa depan?

Contoh FinTech dalam pembayaran

Banyak start-up FinTech di Indonesia yang merupakan perusahaan pembayaran, misalnya Doku dan Kartu Ku. Beberapa Perusahaan perbankan  dan seluler juga sudah mulai mengadopsi FinTech, seperti Sakuku BCA dan Dompetku dari Indosat Ooredoo.

Jadi, kapan Restoran Anda akan mengadopsi FinTech dalam transaksi pembayaran di restoran Anda?

Demikian artikel tentang FinTech dan kesiapan Restoran Dalam Mengadopsi Inovasi Sistem Pembayaran di era digital. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar