--> Skip to main content

Sejak Kapan Kata Restaurant Dipakai dalam Bahasa Inggris?

Kata restoran berasal dari bahasa Inggris, yaitu restaurant. Namun tahukah Anda bahwa kata restaurant sebelumnya tidak dipakai oleh masyarakat Inggris sendiri. Kala itu, orang-orang di Inggris menyebut restoran dengan nama "eating-house" atau rumah (tempat) makan, sama seperti di Indonesia bukan?.


Lalu sejak kapan kata restaurant dipakai dalam bahasa Inggris?.

Penggunaan kata restaurant dalam bahasa Inggris dimulai pada sekitar tahun 1806. Sayangnya, tak banyak referensi yang menyebutkan hal ihwal pertama kali penyebutan kata restaurant di Inggris pada tahun 1806 tersebut. Kata restaurant diadaptasi dari kata dalam bahasa Perancis yaitu "restaurer" yang berarti "memulihkan". Sejak saat itu kata restaurant menjadi sangat populer seiring popularitas bahasa Inggris yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. 

Akhirnya, kata restaurant pun menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan kata restoran.

Demikian artikel tentang sejak kapan kata restaurant dipakai dalam bahasa Inggris?. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar