--> Skip to main content

Haruskah Kasir Restoran Menguasai Komputer?

Saat ini hampir semua restoran sudah menggunakan sistem POS (point of sale) dan mulai meninggalkan mesin register. Sama hal nya dengan pergeseran dari mesin tik ke komputer pada beberapa tahun silam, kehadiran mesin kasir atau POS secara perlahan tapi pasti akan mulai menggantikan keberadaan mesin register. POS akan menjadi salah satu perlengkapan kerja kasir yang sangat penting.

Sistem POS sendiri berjalan pada sebuah sistem operasi seperti Windows, hal ini tentunya mengharuskan seorang kasir restoran untuk memiliki penguasaan dalam hal mengoperasikan komputer. Jadi, haruskah seorang kasir restoran menguasai komputer? jawabannya adalah "ya, harus".

Namun kabar baiknya adalah, mempelajari komputer tidaklah serumit yang dibayangkan oleh sebagian orang. Sama halnya saat anda membeli sebuah handphone terbaru, anda akan bingung bagaimana menggunakannya. Namun lambat laun, anda akan mulai paham dan terbiasa menggunakannya. Dalam hal ini, minimal anda bisa menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar dan itu sudah cukup.



Saat ini vendor atau pembuat software kasir berlomba-lomba untuk membuat sebuah sistem POS yang easy to use atau mudah digunakan. Sistem POS yang rumit tentu akan membuat semua orang tidak menyukainya dan tidak mau memakainya. Jadi anda tak perlu takut atau khawatir jika saat ini kemampuan anda yang masih minim dalam hal komputer akan menghambat pekerjaan anda di kasir. Mempelajari bagaimana cara mengoperasikan mesin kasir atau POS hanyalah dibutuhkan hitungan hari saja. Disamping itu, perusahaan atau vendor software kasir yang kompeten juga menyediakan tenaga trainer yang memberikan pelatihan khusus kepada kasir tentang bagaimana cara mengoperasikan sistem POS mereka.

Namun demikian, tak ada salahnya bagi anda yang berprofesi sebagai kasir di restoran untuk terus mengasah kemampuan anda dalam bidang komputer. Selain dapat membantu anda dalam pekerjaan kasir, pengetahuan dalam bidang komputer juga akan membuka peluang bagi anda untuk berkarir dalam bidang administrasi atau bidang pekerjaan lain di restoran nantinya.

Demikian artikel mengenai haruskah kasir restoran menguasai komputer?. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar