--> Skip to main content

Pentingnya Melakukan Pendataan Omset Restoran

Setelah usaha restoran berjalan beberapa bulan, maka kita perlu melakukan evaluasi mengenai laba usaha restoran kita. Hal ini tentu saja sangat penting agar jangan sampai usaha restoran kita terlihat ramai pengunjung namun sebenarnya omset yang didapat tidak ada peningkatan atau bahkan menurun dari bulan ke bulan. Untuk itu kita memerlukan sebuah data yang valid mengenai omset restoran kita.

Dengan adanya sebuah data omset, kita bisa membandingkan besaran omset dari bulan ke bulan. Omset adalah ukuran yang paling nyata dari sukses tidak nya usaha restoran kita. Banyak pemilik restoran yang terkecoh dengan ramai nya suasana restoran padahal omset per hari nya tidak beranjak naik dari bulan ke bulan atau bahkan bisa jadi mengalami penurunan yang signifikan.



Kenapa restoran yang ramai pengunjung belum tentu menghasilkan omset besar?

Besarnya omset restoran tidak diukur dari banyak nya pengunjung atau tamu restoran melainkan dari tingkat daya beli pengunjung atau tamu restoran. Kenapa seperti itu? mari kita buat contoh :

1. Restoran A dikunjungi oleh 100 orang tamu yang makan dan minum dan menghasilkan omset 5 juta
2. Restoran B dikunjungi oleh 20 orang yang makan, minum dan pesan bungkus dan menghasilkan omset 5,5 juta.

Contoh dua restoran di atas dengan jumlah pengunjung dan omset yang didapatkan menggambarkan bahwa tingkat daya beli tamu juga mempengaruhi jumlah sales atau omset restoran. 

Dari apa yang saya sampaikan sudah sedikit menggambarkan mengenai pentingnya melakukan pendataan omset restoran agar pemilik restoran bisa melakukan cek dan evaluasi mengenai pencapaian omset restoran yang dijalankannya.

Jika misalnya kemudian pemilik restoran mendapati bahwa jumlah pengunjung restoran meningkat di bulan ini tapi jumlah omset yang didapatkan sama seperti bulan lalu yang sedikit pengunjungnya berarti management restoran harus melakukan beberapa evaluasi diantaranya : 

1. Waiter dan kasir. Bisa jadi waiter dan kasir kurang aktif dalam menawarkan menu kepada tamu atau pengunjung restoran
2. Chef dan koki. Bisa jadi banyak tamu yang memesan suatu jenis menu tapi menu tersebut kosong atau habis sehingga banyak terjadi pembatalan pesanan

Anda bisa menggunakan program Excel untuk melakukan pendataan atau pencatatan omset secara sederhana.

Demikian artikel mengenai pentingnya melakukan pendataan omset restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar