--> Skip to main content

Uji Kompetensi FB Service di Restoran

Semakin banyaknya jumlah restoran yang ada berikut varian menu yang ditawarkan, membuat persaingan antar restoran menjadi semakin ketat. Pemilik dan pengelolah restoran dituntut untuk terus meningkatkan kualitas nya baik kualitas menu, kebersihan, maupun pelayanannya. Dan yang akan kita bahas lebih jauh dalam artikel ini adalah upaya meningkatkan pelayanan restoran yang salah satu caranya adalah dengan melakukan uji kompetensi untuk divisi  service atau FB Service.

Pelayanan atau service bukanlah hal yang sepele. Banyak tamu yang tidak jadi makan karena pelayanan waiter dan waitress nya yang tidak tanggap atau bahkan cuek. Ada juga tamu yang marah karena food runner atau waiter terlalu lambat mengantar pesanan. Ada  lagi customer restoran yang marah karena pesanannya salah dicatat oleh waiter yang taking order.

Banyak sekali contoh kasus complaint atau keluhan pelanggan restoran yang terjadi akibat buruknya service restoran. Untuk itu sudah selayaknya, crew service harus dipilih dari orang-orang yang benar-benar mengerti mengenai FB Service.



Metode yang paling baik untuk melakukan seleksi kelulusan untuk waiter dan waitress adalah dengan mengadakan uji kompetensi FB Service. Dimana dalam uji kompetensi FB Service ini, seorang pramusaji seperti waiter dan waitress benar-benar diuji sejauh mana pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan teknis nya dalam hal service atau pelayanan kepada tamu restoran.

Pihak yang menjadi penentu lulus atau tidak nya seorang waiter dan waitress dalam uji kompetensi service adalah direktur FB Service atau Manager atau Head Service.

Adapun hal-hal yang perlu di uji dalam uji atau tes kompetensi FB Service adalah sebagai berikut :
1. Standart penampilan
2. Persiapan kerja (preparing)
3. Mise and place
4. Step of service atau prosedur pelayanan restoran
5. Service knowledge
6. Kecepatan (speed)
7. Ketrampilan teknis seperti cara membawa nampan (tray), cara menyajikan pesanan, cara mengganti asbak (ashtray), cara crumbing down, dan lain-lain.

Dengan adanya uji kompetensi FB Service di restoran, diharapkan, garda depan atau frontliners restoran seperti waiter dan waitress bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standart service yang baik. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar