--> Skip to main content

Fungsi Mengulang Pesanan Tamu

Mengulang pesanan atau konfirmasi pesanan tamu pada saat taking order yang dilakukan Waiter adalah salah satu langkah dari prosedur pelayanan di restoran yang harus secara konsisten dilakukan. Selain itu mengulang pesanan tamu juga mempunyai beberapa fungsi penting yang akan saya kupas dalam artikel fungsi mengulang pesanan tamu berikut ini.

Fungsi mengulang pesanan tamu yang saya bahas dalam artikel ini tidak terbatas pada lingkup taking order di tempat saja tapi juga taking order yang dilakukan via telfon.

Berikut adalah beberapa fungsi mengulang pesanan tamu :

1. Menghindari kesalahan pencatatan pesanan
Dengan melakukan pengulangan pesanan atau konfirmasi pesanan tamu, Waiter bisa mendapatkan kepastian dari tamu apakah yang pesanan yang telah dicatat oleh Waiter adalah benar sesuai dengan pesanan tamu atau ada yang salah atau tidak sesuai.


2. Memberikan waktu kepada tamu untuk merevisi atau menambah pesanannya
Pada saat Waiter mengulang pesanan, tamu memiliki kesempatan untuk merevisi pesanannya sehingga kemungkinan pembatalan pesanan setelah pesanan diproses dapat dihindari. Dengan mengulang pesanan tamu, juga dimungkinkan tamu melakukan penambahan pesanan sehingga proses upsell menu bisa sekaligus terjadi pada proses ini.

3. Memastikan kapan dan di mana pesanan diantar
Point ketiga ini merupakan fungsi mengulang pesanan tamu yang dilakukan via telfon. Mengulang pesanan tamu via telfon tidak hanya memastikan apa saja pesanannya tapi juga waktu pesanan diantar dan alamat lengkap pemesan termasuk nomor pemesan yang bisa dihubungi.

4. Meminimalkan pembatalan pesanan oleh tamu
Dengan mengulang pesanan tamu, Waiter sudah secara jelas memberikan informasi kepada tamu apa saja yang telah dipesannya. Dengan demikian Waiter tidak akan disalahkan jika kemudian tamu menyatakan bahwa pesanannya tidak sesuai atau ingin membatalkan pesanan, karena sebelumnya sudah diulang atau dikonfirmasi dengan jelas.

5. Mempercepat proses pelayanan
Dengan tidak adanya pembatalan pesanan atau kesalahan dalam proses taking order dengan cara mengulang pesanan tamu dengan jelas, staff kasir dan crew kitchen bisa dengan lebih cepat memproses menu yang dipesan untuk disajikan.

6. Meminimalkan complaint atau keluhan tamu mengenai salah pesanan
Mengulang pesanan tamu merupakan cara yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam pencatatan pesanan  tamu yang dapat menimbulkan complaint tamu karena salah pesanan.

Demikian beberapa fungsi mengulang pesanan tamu yang dilakukan Waiter pada proses taking order baik di tempat atau pun via telfon. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar