2/24/2015

8 Kesalahan Waiter Saat Operasional

Dias Akhmad  |  at  2/24/2015  |   |  No comments

Banyak contoh kesalahan yang dilakukan Waiter saat operasional. Kesalahan ini lebih banyak terjadi karena ke-tidak tahu-an Waiter akan kesalahan yang dilakukannya karena minim pengetahuan dalam service knowledge.

Di kesempatan ini saya mencoba mengupas 8 kesalahan Waiter saat operasional, yang bisa menjadi acuan Waiter mengenai hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat operasional. Hal ini sangat penting karena sikap Waiter baik gerak tubuh dan ucapan akan mencerminkan kualitas dan professionalisme seorang waiter  juga citra restoran di mana ia bekerja.


Berikut adalah 8 kesalahan Waiter saat operasional yang sering dilakukan :

1. Mengorek lubang hidung dan telinga dengan jari
Terkadang tanpa sadar karena kebiasaan, Waiter mengorek lubang hidung dan telinganya di area yang terlihat tamu. Tentu saja aktivitas ini bisa membuat tamu berpikir negatif tentang kualitas kebersihan menu dan cara pelayanannya. Lebih jauh, tamu bisa kehilangan selera makan.

2. Melipat atau menyilangkan tangan di dada
Inilah posisi standby yang paling buruk. Meski tidak disadari Waiter, bahasa tubuh (body language) ini dapat merusak citra professionalisme seorang Waiter. Perlu diketahui bahwa sikap melipat atau menyilangkan tangan (bersedekap) dinilai sebagai sikap defensif atau angkuh.

3. Standby tidak dengan sikap sempurna
Sama halnya dengan point kedua, hal ini sering terjadi pada saat waiter tengah melakukan standby area. Entah karena kebiasaan atau karena capek berdiri, Waiter kemudian menekuk satu kakinya atau menyilangkan satu kaki dengan kaki lainnya.

Hal yang disarankan saat merasa capek berdiri standby adalah dengan berjalan sebentar dan kembali melakukan standby.

4. Menggaruk kepala
Selain akan merusak kerapian  rambut yang merupakan satu hal penting dari standar penampilan Waiter, aktivitas menggaruk kepala di depan tamu atau di area yang terlihat tamu akan memberi kesan bahwa Waiter kurang menjaga kebersihan rambutnya.

5. Menguap lebar
Jika Anda menguap, tutuplah dengan telapak tangan. Jangan sampai Anda menguap lebar di depan tamu atau di area yang terlihat tamu.

6. Bersandar ke dinding
Masih dalam lingkup standby area, sikap bersandar ke dinding memberi kesan kepada tamu bahwa Waiter malas bekerja atau melayani tamu. Sikap bersandar ke dinding di larang keras dalam standby area.

7. Menguyah pemen karet
Tidak diperkenankan bagi Waiter untuk menguyah permen karet saat operasional apalagi dengan membuat gelembung balon dengan permen karet.

8. Bau badan
Dalam standar penampilan Waiter, diharuskan untuk menggunakan deodorant untuk menjaga agar bau badan terjaga dengan baik. Bau badan Waiter bisa membuat tamu tidak nyaman dengan kehadiran Waiter dan bisa jadi kehilangan selera makan.

Demikian artikel tentang 8 kesalahan Waiter saat operasional yang harus dihindari oleh Waiter. Semoga bermanfaat.

8 Kesalahan Waiter Saat Operasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

Silahkan tinggalkan komentar Anda.