--> Skip to main content

Standart Gelas dan Alat Saji di Restoran


Dalam penggunaan alat saji baik Gelas maupun Piring, perlu diperhatikan beberapa standart atau kriteria yang harus terpenuhi demi kepuasan pelanggan Restoran. Banyak kejadian dalam operasional Restoran dimana tamu atau pelanggan complaint tentang alat saji yang tidak layak pakai seperti sendok  yang berkarat atau bengkok yang dipakai dalam penyajian menu.

Banyak Restoran yang bahkan menetapkan standart tinggi terhadap kualitas Alat Saji yang digunakan. Pilihan terhadap merk produsen peralatan Restoran pun kadang juga ditentukan. Kualitas yang bagus tentu setara dengan harga pembeliannya yang juga relatif  lebih mahal. Keseriusan dalam penanganan nya juga harus diperhatikan.

Berikut adalah standart gelas dan alat saji di restoran :

Gelas :
1. Bening, tidak ada bercak atau noda
2. Tidak retak
3. Tidak Gumpil (pecahan di bagian atas gelas)
4. Tidak berbau

Piring :
1. Bersih, tidak ada bercak atau noda
2. Tidak retak
3. Tidak Gumpil (pecahan di bagian pinggir piring)
4. Tidak berbau

Sendok dan Garpu :
1. Bersih, tidak ada karatan atau bercak
2. Gagang sendok lurus ; tidak bengkok
3. Tidak berbau

Catatan :

untuk menghilangkan bercak atau noda air yang sering terdapat pada gelas, bisa dibersihkan dengan cara polishing yaitu cara membersihkan bercak pada gelas dengan menggunakan napkin atau serbet yang bersih. Jika perlu. gunakan uap air panas dan jeruk nipis untuk hasil yang maksimal.

Caranya, tampung lah air panas pada sebuah bejana atau wadah dan berikan beberapa potong irisan jeruk nipis. Arahkan mulut gelas di atas air panas untuk mendapatkan uap panas, setelah uap panas memenuhi ruang kosong gelas, keringkan lah dengan napkin sampai benar-benar bersih. Fungsi dari jeruk nipis adalah untuk menghilangkan bau amis pada gelas yang masih ada setelah pencucian di dishwasher.

Demikian artikel Restofocus tentang standart gelas dan alat saji di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar