--> Skip to main content

Cash on Table


Dalam sebuah restoran yang ramai bahkan super ramai, bisa juga dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk tidak membayar. Pelaku bisa menggunakan trik bermacam-macam, misalnya pada saat datang bergerombol dan pada saat pulang, pergi satu per satu untuk mengecoh petugas yang memantau.

Waiter sendiri sibuk dengan pelayanan, ada yang taking order, mengantar makanan, clear up dan lain-lain. kehadiran Satpam restoran semata hanya untuk mengendalikan keamanan dan bukan untuk mengintai pelaku "makan gratis". Bahkan kehadiran CCTV pun sering tidak bisa diandalkan untuk mengetahui siapa para pelaku makan gratis ini. Jika dibiarkan tentu merugikan pemilik restoran.

Lalu apa solusinya?
Solusi terbaik yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan sistem Cash  on Table.


Apa itu sistem Cash on Table?

Cash on table adalah sistem pembayaran pesanan yang dilakukan di meja tamu setelah selasainya proses taking order. Jadi jika biasanya, tamu baru membayar setelah selesai makan, maka pada sistem Cash on table, tamu wajib membayar setelah selesai memesan makanan dan minuman.

Pada prosesnya, sistem ini menuai beberapa keluhan atau complaint karena konsumen telah terbiasa membayar setelah makan. Tapi, sistem ini efektif untuk menangani kasus tidak membayar yang memanfaatkan kondisi restoran yang ramai.

Berdasarkan pengalaman, complaint hanya terjadi di kunjungan pertama karena belum terbiasa. Tapi setelah tamu mengetahui tentang sistem ini, akan berjalan dengan biasa.

Dalam sistem cash on table diperlukan kecerdasan dalam menghitung dan memberikan penjelasan yang efektif terhadap tamu. Tentu saja dibutuhkan pelatihan khusus bagi Waiter dan Waiteress dalam menjalankannya.

Jangan sampai terjadi salah hitung yang akan membuat Waiter malu untuk balik lagi ke meja tamu untuk merevisi total bill nya. Supervisor dan Captain Waiter bisa melakukan training atau simulasi lebih dahulu untuk Waiter dan Waiteress sebelum diberlakukannya sistem Cash on Table.

Demikian artikel tentang Cash on Table. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar