4/10/2015

Masalah Yang Sering Terjadi di Restoran

Dias Akhmad  |  at  4/10/2015  |   |  No comments

Tidak selamanya segala sesuatu berjalan dengan baik. Terkadang atau bahkan sering terjadi masalah-masalah yang menghambat kelancaran usaha kita. Tidak terkecuali dengan usaha restoran, banyak hal yang bisa menimbulkan masalah dalam operasional restoran yang menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang berpotensi menimbulkan masalah dalam operasional restoran. Artikel ini saya  tuliskan untuk membantu anda mengenali potensi masalah apa saja yang bisa terjadi di restoran anda sehingga anda bisa melakukan persiapan atau antisipasi agar masalah-masalah ini tidak terjadi di restoran anda.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi di restoran :

1. Bahan baku produksi terlambat datang
Keterlambatan datangnya bahan baku produksi bisa menyebabkan masalah serius seperti tidak bisa siapnya produk atau menu pada jam buka restoran yang ditentukan, Jika ini terjadi, restoran bisa kehilangan banyak tamu yang ingin membeli atau makan. Tamu akan balik lagi karena menu yang dijual tidak ada  atau belum siap. Keterlambatan datangnya bahan baku sendiri disebabkan oleh banyak faktor, contohnya : sopir barang tidak masuk kerja, proses muat barang yang lama dari gudang pusat, sampai terjadi kemacetan di jalan. Solusinya adalah mempekerjakan lebih dari 1 orang sopir barang untuk satu cabang restoran dan memberangkatkan pengiriman bahan baku lebih pagi untuk menghindari kemacetan.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Sopir Barang di Restoran

2. Kebakaran
Kebakaran sering terjadi di area kitchen restoran. Biasanya hal ini disebabkan kelalaian manusia atau human error. Waspadalah akan bahaya kebakaran yang mungkin bisa terjadi kapan saja. Standby kan tabung racun api atau pemadam kebakaran di tempat-tempat yang tepat. Usahakan stock tabung racun api tidak hanya 1. Sediakanlah 2 sampai dengan 3 buah tabung racun api. Ajarkan crew kitchen bagaimana cara menggunakan racun api dan selalu ingatkan untuk berhati-hati. 


Anda juga bisa membaca artikel : 5 Pemicu Kebakaran di Kitchen Restoran

3. Sepi tamu
Banyak restoran yang juga mengalami sepi tamu atau sepi pembeli. Jika hal ini terjadi di restoran anda, maka lakukanlah evaluasi pelayanan, kualitas menu, dan kebersihan restoran anda. Panggilah tim marketing restoran anda untuk melakukan strategi penjualan atau promo marketing yang tepat yang sesuai dengan kondisi  restoran anda saat ini. Jangan lupa perhatikan faktor kenyamanan parkir dan keamanan untuk tamu restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Penanganan Barang Milik Tamu yang Tertinggal di Restoran

4. Konflik management
Konflik managemant sering terjadi pada restoran yang dibangun dengan prinsip kerja sama dan franchise. biasanya terjadi karena pemikiran yang berbeda atau timbulnya ke-tidak-adilan yang menyulut konflik. Jika konflik tengah melanda management restoran anda, selesaikanlah dengan tenang dan cermat. Jangan terpancing emosi. Ingat, nasib karyawan restoran anda juga bergantung sepenuhnya kepada anda sebagai pemilik restoran. Jika restoran anda adalah hasil kerja sama patungan dengan teman anda, buatlah perjanjian yang sah dan kuat secara hukum. Mungkin anda sangat mempercayai teman anda, tapi perjanjian yang sah tetap diperlukan.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi masalah di lingkungan restoran. Dengan mengenali potensi masalah di atas, diharapkan anda bisa berjaga-jaga atau membuat sistem yang bisa mengantisipasi terjadi nya masalah-masalah tersebut.

Demikian artikel masalah yang sering terjadi di restoran. Semoga bermanfaat.

Masalah Yang Sering Terjadi di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.