--> Skip to main content

Masalah Yang Sering Terjadi di Restoran

Tidak selamanya segala sesuatu berjalan dengan baik. Terkadang atau bahkan sering terjadi masalah-masalah yang menghambat kelancaran usaha kita. Tidak terkecuali dengan usaha restoran, banyak hal yang bisa menimbulkan masalah dalam operasional restoran yang menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang berpotensi menimbulkan masalah dalam operasional restoran.

Artikel ini saya tuliskan untuk membantu mengenali potensi masalah apa saja yang bisa terjadi di restoran sehingga bisa dilakukan persiapan atau antisipasi agar masalah-masalah ini tidak terjadi.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi di restoran :

1. Bahan baku produksi terlambat datang
Keterlambatan datangnya bahan baku produksi bisa menyebabkan masalah serius seperti tidak bisa siapnya produk atau menu pada jam buka restoran yang ditentukan, Jika ini terjadi, restoran bisa kehilangan banyak tamu yang ingin membeli atau makan. Tamu akan balik lagi karena menu yang dijual tidak ada  atau belum siap.

Keterlambatan datangnya bahan baku sendiri disebabkan oleh banyak faktor, contohnya : sopir barang tidak masuk kerja, proses muat barang yang lama dari gudang pusat, sampai terjadi kemacetan di jalan. Solusinya adalah mempekerjakan lebih dari 1 orang sopir barang untuk satu cabang restoran dan memberangkatkan pengiriman bahan baku lebih pagi untuk menghindari kemacetan.

2. Kebakaran
Kebakaran sering terjadi di area kitchen restoran. Biasanya hal ini disebabkan kelalaian manusia atau human error. Waspada lah akan bahaya kebakaran yang mungkin bisa terjadi kapan saja. Standby-kan tabung racun api atau pemadam kebakaran di tempat-tempat yang tepat. Usahakan stock tabung racun api tidak hanya 1. Sediakanlah 2 sampai dengan 3 buah tabung racun api. Ajarkan crew kitchen bagaimana cara menggunakan racun api dan selalu ingatkan untuk berhati-hati. 



3. Sepi tamu
Banyak restoran yang juga mengalami sepi tamu atau sepi pembeli. Jika hal ini terjadi di restoran Anda, maka lakukanlah evaluasi pelayanan, kualitas menu, dan kebersihan restoran. Panggil lah tim marketing restoran Anda untuk melakukan strategi penjualan atau promo marketing yang tepat sesuai dengan kondisi  restoran saat ini. Jangan lupa perhatikan faktor kenyamanan parkir dan keamanan untuk tamu restoran

4. Konflik management
Konflik manajemen sering terjadi pada restoran yang dibangun dengan prinsip kerjasama dan franchise. biasanya terjadi karena pemikiran yang berbeda atau adanya ke-tidak-adilan yang menyulut konflik.

Jika konflik tengah melanda management restoran Anda, selesaikan lah dengan tenang dan cermat. Jangan terpancing emosi. Ingat, nasib karyawan restoran Anda juga bergantung sepenuhnya kepada Anda sebagai pemilik restoran.

Jika restoran Anda adalah hasil kerjasama atau patungan modal dengan teman/rekan, buatlah perjanjian tertulis yang sah dan kuat secara hukum. Mungkin Anda sangat mempercayai teman Anda, tapi perjanjian yang sah tetap diperlukan.

Itulah beberapa hal yang sering menjadi masalah di restoran. Dengan mengenali potensi masalah di atas, diharapkan Anda bisa berjaga-jaga atau membuat sistem yang bisa mengantisipasi terjadi nya masalah-masalah tersebut.

Demikian artikel tentang masalah yang sering terjadi di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar