--> Skip to main content

Bolehkah Waiter Meletakkan Sendok dan Garpu/Pisau di Meja Tamu Sebelum Makanan Disajikan?

Cukup lama saya tidak membahas mengenai masalah service, kali ini ada sebuah pertanyaan yang datang dari salah satu pembaca Restofocus dari Semarang -Pak Farid- yang bertanya mengenai apakah sendok dan garpu/pisau harus diberikan bersamaan pada saat Waiter menyerahkan makanan, atau dapat diserahkan/diletakkan di meja tamu sebelum makanan disajikan?

Umumnya sendok dan garpu/pisau diberikan bersamaan dengan makanan yang disajikan, namun sebenarnya adalah jauh lebih baik dan lebih disarankan untuk memberikan peralatan makan seperti sendok, garpu, pisau dan condiment lainnya sebelum makanan atau pesanan tamu disajikan di atas meja. 


Memberikan atau meletakkan peralatan makan berupa cutleries (sendok, garpu, pisau, soup spoon dan lain-lain) sebelum makanan atau pesanan tamu disajikan memiliki beberapa keuntungan, antara lain :
  • Menghindari terjadinya complaint tamu akibat Waiter lalai atau lupa memberikan sendok dan garpu/pisau saat tamu akan makan
  • Melatih kedisiplinan Waiter untuk selalu memberikan sendok dan garpu/pisau setiap kali selesai taking order
  • Waiter dapat mengecek secara teliti apakah cutleries (sendok dan garpu/pisau) yang akan diberikan kepada tamu sesuai standar. Seringkali karena terburu-buru mengambil cutleries bersamaan dengan saat menu/makanan keluar dari kitchen, Waiter tak lagi sempat melakukan pengecekan standar cutleries yang akan diberikan.
Banyak terjadi kasus dimana Waiter lupa memberikan sendok dan garpu/pisau saat tamu sudah akan makan sehingga tamu harus memanggil waiter  untuk meminta sendok dan garpu/pisau. Terkadang keadaan tersebut diperparah dengan lamanya Waiter kembali ke meja tamu untuk menyerahkan sendok dan garpu/pisau yang diminta. Tamu yang sudah sangat lapar pasti akan marah.

Pengecekan standar cutleries juga penting, sendok dan garpu/pisau yang tidak bersih atau bahkan berkarat akan mengundang complaint para tamu atau pengunjung restoran.

Dengan demikian, memberikan atau meletakkan sendok dan garpu/pisau sebelum keluarnya makanan memang boleh dilakukan bahkan sangat disarankan.

Demikian artikel tentang bolehkah Waiter meletakkan sendok dan garpu/pisau di meja tamu sebelum makanan disajikan atau diantar. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar