--> Skip to main content

3 Stakeholder Utama Bisnis Restoran yang Harus Anda Ketahui

Dalam menjalankan bisnis restoran, terdapat banyak pihak yang memiliki kepentingan terkait bisnis restoran atau yang sering disebut sebagai stakeholder. Mereka adalah investor, pelanggan, karyawan, supplier, pemerintah dan lingkungan. Namun ada 3 stakeholder utama yang harus benar-benar kita tahu dan perhatikan. Siapa saja mereka?.


3 stakeholder utama dari bisnis restoran adalah investor, pelanggan dan karyawan. 3 stakeholder ini harus kita puaskan untuk membangun bisnis restoran yang kuat dan berkelanjutan.

1. Investor
Investor yang menanamkan modal harus dipuaskan dengan modalnya cepat balik dan mendapatkan keuntungan yang tinggi. Jika investor bisa dipuaskan, maka mereka akan terus mendukung kita, sehingga di mana pun kita ingin membuka restoran, investor akan mengikutinya.

2. Pelanggan
Semua bisnis yang tidak mempunyai pelanggan akan mati, termasuk bisnis restoran. Restoran yang bagus dan bisa bertahan lama pasti mempunyai pelanggan yang loyal, pelanggan yang selalu datang kembali. Inilah sebabnya pelanggan loyal itu teramat penting bagi pelaku bisnis.

3. Karyawan
Bisnis yang bagus pasti mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang memiliki dedikasi atau loyalitas yang baik. Jika karyawan tidak memiliki dedikasi yang baik, maka bisa berbahaya. Karenanya, kita harus memuaskan karyawan dengan memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya.

Saat karyawan sudah mendapatkan kepuasan, selanjutnya mereka akan memberikan rasa puas itu kepada pelanggan. Mereka akan melayani dengan hati, tanpa harus selalu kita ingatkan. Sebaliknya, sangat kecil kemungkinan pelanggan akan merasa puas, jika karyawannya belum mendapatkan kepuasan dari perusahaan.

Demikian artikel tentang 3 stakeholder utama bisnis restoran yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar