2/13/2016

Cara Mengatasi Kasir yang Panjang Tangan

Semakin lama seorang karyawan berada di posisi Kasir, maka ia akan semakin mengetahui seluk-beluk pekerjaannya hingga hal yang sangat detail, bahkan ia akan mengetahui celah atau hal apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kecurangan. Hal ini kemudian bisa menjadi godaan tersendiri bagi seorang Kasir, hingga kemudian kita sering menjumpai ada Kasir yang "panjang tangan", atau melakukan penyimpangan administratif untuk mendapatkan sedikit keuntungan pribadi yang nyata-nyata merugikan restoran atau perusahaan tempatnya bekerja.

Mulai dari tidak meng-input nasi putih, melakukan void tak sesuai fakta, hingga benar-benar menghilangkan sebuah atau beberapa transaksi. Terkadang, kecurangan yang dilakukan oleh Kasir juga melibatkan Waiter yang bersekongkol melakukan kecurangan untuk kepentingan mereka. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kerugian besar bagi restoran jika kebiasaan "panjang tangan" sang kasir sampai terjadi dalam waktu yang lama.


Untuk itu kita harus melakukan upaya pencegahan dan sekaligus mengatasinya bilamana penyimpangan administratif telah terjadi dan ditemukan bukti-buktinya.

Pencegahan

Kita bisa melakukan upaya pencegahan terhadap kecurangan yang dilakukan oleh Kasir dan karyawan lainnya dengan cara :

1. Menanamkan nilai-nilai luhur Agama
Agama adalah hal luar biasa yang dapat mempengaruhi sikap hidup setiap individu. Orang yang takut kepada Tuhan akan selalu berusaha sekuat mungkin untuk bertindak jujur dan menjauhkan diri dari segala hal yang bersifat jahat atau ke-tidak-jujuran. Kita bisa menanamkan nilai-nilai luhur Agama pada saat kita mengadakan acara briefing karyawan atau acara-acara lain yang melibatkan seluruh karyawan restoran.

2. Menutup akses yang bisa dimanfaatkan Kasir untuk berbuat kecurangan
Kejahatan kadang terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, melainkan juga karena adanya kesempatan untuk berbuat jahat. Jika kita tak ingin Kasir restoran kita berbuat curang, maka kita harus menutup segala akses yang bisa dimanfaatkannya untuk berbuat kecurangan, seperti misalnya hak akses melakukan pre-billing, hak akses void dan lainnya.

3. Aktifkan Audit Administrasi
Dengan adanya Audit administrasi, maka semua karyawan termasuk Kasir, akan berpikir berkali-kali untuk melakukan sebuah kecurangan karena ia tahu bahwa sangat mungkin aksinya akan diketahui oleh tim Audit administrasi.

Bagaimana jika penyimpangan administratif atau kegiatan panjang tangan telah terjadi?

Berikut adalah cara mengatasi Kasir yang panjang tangan atau melakukan penyimpangan administratif :

1. Lihat seberapa besar porsi kesalahan atau penyimpangan yang telah dilakukan oleh Kasir bersangkutan
2. Setelah kita ketahui seberapa besar porsi kesalahan sang Kasir, kita kemudian bisa memutuskan tindakan apa yang tepat. Bisa dengan memberikan teguran lisan atau tertulis, memberikan Surat Peringatan (SP), hingga melakukan pemberhentian (PHK) atas Kasir tersebut, bilamana kesalahan atau penyimpangan yang dilakukannya tergolong  fatal sehingga menimbulkan kerugian besar bagi restoran atau perusahaan.

Demikian artikel cara mengatasi Kasir yang panjang tangan. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Kasir yang Panjang Tangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.