--> Skip to main content

Kriteria Mesin Kasir yang Cocok dan Baik untuk Restoran

Setiap restoran pasti membutuhkan sebuah atau beberapa mesin kasir untuk kegiatan operasionalnya. Tentunya hal ini menjadi salah satu prioritas dan perhatian tersendiri bagi pemilik bisnis restoran dalam pengadaan mesin kasir di restorannya. Diperlukan beberapa pertimbangan seperti besaran budget untuk pembelian mesin kasir, jumlah mesin kasir yang dibutuhkan, dan termasuk juga diantaranya mengetahui seperti apa kriteria mesin kasir yang cocok dan baik untuk restoran.

Jika dahulu mesin kasir yang digunakan oleh banyak restoran didominasi oleh Cash Register, maka saat ini mesin kasir telah berkembang pesat dengan teknologi yang jauh lebih baik.

Dahulu saat masih menggunakan Cash Ragister, kita harus memasukkan atau memprogram PLU (Price Look up) di Cash Register dengan kode-kode  tertentu secara manual. Hal ini sangat menyita waktu dan cukup merepotkan.


Ilustrasi Cash Register

Namun kini dengan hadirnya program kasir seperti POS (Point of Sale) dengan komputer layar sentuh (Touch Screen), telah sangat memudahkan pekerjaan kita. Bahkan saat kita membeli sebuah program kasir, maka ada sang programmer dari perusahaan atau vendor mesin kasir yang siap membantu input data program seperti yang kita inginkan hingga selesai dan siap digunakan.

Point of Sale merk IPOS. Sumber gambar : ipos.co.id

Nah, itu sekilas tentang perkembangan masin kasir. Sekarang mari kita lanjutkan ke pokok artikel yang ingin kita bahas, yaitu kriteria mesin kasir yang cocok dan baik untuk restoran. Apa saja kriteria mesin kasir yang cocok dan baik untuk restoran? berikut di antaranya :

1. Mampu menyesuaikan dengan keinginan kita
Saat ini sangat banyak vendor atau perusahaan penyedia mesin kasir yang menawarkan paket mesin kasir dengan harga bervariasi, fitur yang lengkap dan bahkan garansi pemakaian hingga jangka waktu tertentu.

Namun sayangnya tidak semua vendor tersebut mampu menyesuaikan mesin dan program kasirnya sesuai dengan apa yang kita butuh dan inginkan, malah seringkali kitalah yang harus menyesuaikan diri dengan tipe mesin dan program kasir yang mereka buat.

Jika demikian, apalah arti harga yang murah, banyaknya fitur, dan juga garansi pemakaian yang mereka tawarkan.

Hal yang terbaik yang harus kita dapatkan dari penyedia mesin dan program kasir adalah kemampuan mereka menyesuaikan dan  mengakomodir kebutuhan dan keinginan kita. Hal ini sangatlah penting karena setiap restoran memiliki banyak hal istimewa yang membuatnya berbeda satu dengan lainnya.

2. Dukungan maintenace mesin dan program kasir yang selalu siap membantu
Secanggih apapun mesin dan program kasir, suatu waktu ia akan mengalami masalah atau trouble, di sini lah fungsi dukungan maintenance yang selalu siap membantu saat terjadi masalah atau gangguan pada mesin dan program kasir.

Meskpun paket mesin kasir yang ditawarkan sangat murah, memiliki banyak fitur dan bergaransi, akan tetapi jika mereka tak bisa memberikan dukungan atau layanan maintenance mesin dan program kasir yang baik dan cepat, maka hal itu akan merepotkan kita nantinya saat terjadi kerusakan dan mereka tak bisa secara cepat datang untuk melakukan perbaikan. 

3. Mudah digunakan
Mesin dan program kasir yang cocok dan baik untuk restoran harus lah memiliki sifat mudah digunakan atau user friendly. Mudah digunakan dapat mengandung pengertian mudah diakses, cepat dalam proses, dan tidak rumit dalam menggunakannya.

4. Memiliki ketahanan yang baik atau stabil
Baik hardware maupun software yang digunakan haruslah memiliki sifat ketahanan atau kestabilan yang baik dan teruji. Misalnya untuk hardware, komputer tidak cepat panas, layar sentuh tebal dan keras sehigga tidak mudah pecah namun tetap sensitif dan lain-lain. Sedangkan untuk software, misalnya saja program tidak mudah hang atau blank saat digunakan dalam transaksi yang cepat, mampu menyimpan data secara otomatis saat terjadi mati lampu atau terputusnya aliran listrik secara tiba-tiba dan lain-lain.

Itulah beberapa kriteria mesin kasir yang cocok dan baik untuk restoran yang bisa saya tuliskan. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang tengah mempertimbangkan pembelian mesin kasir untuk restoran Anda. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar