11/29/2015

Jam Kerja Bagian Maintenance Restoran

Dias Akhmad  |  at  11/29/2015  |   |  No comments

Meskipun di restoran ada pemberlakuan sistem shift, seorang petugas Maintenance restoran biasanya tetap dikondisikan untuk masuk pagi. Hal ini mengingat area kerja bagian Maintenance adalah di lapangan, artinya tidak stay atau menetap di satu cabang restoran saja, melainkan harus keliling ke cabang-cabang restoran yang lain untuk melakukan pengecekan berkala maupun karena ada suatu masalah yang berhubungan dengan maintenance restoran. 

Adapun jam kerja bagian Maintenance restoran adalah sangat tergantung dari kebijakan masing-masing management sebuah restoran. Namun lazimnya tetap 8 jam, meskipun ada juga yang 9 hingga 10 jam kerja. Yang membedakan jam kerja bagian Maintenance dengan karyawan lain di restoran adalah adanya fleksibilitas dalam waktu pengerjaan tugas. Hal ini mengingat banyak pekerjaan Maintenance yang tidak bisa dikerjakan pada saat jam operasional restoran.


Sebagai contoh, saat Maintenance harus mengerjakan instalasi pipa gas atau ada penambalan keramik di area kitchen, maka Maintenance tentu tidak dapat mengerjakannya pada saat siang hari di mana area kitchen tengah penuh sesak dengan kegiatan operasional kitchen. Sebagai solusinya, bagian Maintenance akan menunggu hingga tutup atau closing restoran dan mulai mengerjakannya di waktu dini hari.

Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri untuk bagian Maintenance, dibutuhkan kesiapan dan loyalitas pada pekerjaan yang besar. Karena alasan ini juga lah gaji atau salary seorang Maintenance restoran juga sangat diperhatikan.

Bagian Maintenance restoran juga dapat melakukan absensi di setiap cabang restoran dengan membawa buku kunjungan. Hal ini tentu dikarenakan seorang Maintenance memang tidak berkantor atau stay di satu cabang restoran, sehingga ia tidak bisa melakukan absensi di satu cabang restoran saja.

Demikian artikel tentang jam kerja bagian Maintenance restoran. Semoga bermanfaat.

Jam Kerja Bagian Maintenance Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Makhasin

Silahkan tinggalkan komentar Anda.