--> Skip to main content

Lebih Dekat Mengenal Barista

Seiring dengan berkembangnya bisnis restoran dan coffee shop di Indonesia, maka keberadaan dan fungsi seorang Barista menjadi sangat penting. Hal ini membuat seorang Barista menjadi rebutan para pebisnis dalam bidang food & beverage. Melalui artikel ini, kita akan dibawa lebih dekat mengenal Barista. Selamat membaca.

Pengertian barista 

Menurut Wikipedia, Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Kata "Barista" berasal dari bahasa Italia yang berarti "pelayan bar". 

Barista adalah seseorang yang menentukan kenikmatan kualitas cita rasa, aroma dan artistiknya penyajian dalam setiap minuman kopi. Maka tidak heran jika seorang Barista dikatakan sebagai posisi kunci untuk keberhasilan sebuah coffee shop atau kedai kopi.

Di Indonesia, profesi Barista masih sangat sedikit. Hal ini berbanding terbalik dengan bahan baku kopi yang melimpah di Indonesia, di mana Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik dan terbanyak di dunia. 

Meski perkembangan coffee shop di Indonesia belum bisa disejajarkan dengan negara maju lainnya seperti Italia dan Australia, namun Indonesia mempunyai potensi besar untuk itu. Dengan demikian profesi Barista akan semakin menjadi trend dan dicari banyak orang di masa mendatang.


Pelatihan Barista 

Saat ini, banyak perusahaan manufactur mesin kopi yang mempekerjakan Barista professional untuk memberikan pelatihan gratis bagi para pemakai produk mesin kopi nya. Jadi jika ada sebuah restoran atau coffee shop yang membeli mesin kopi dari mereka, maka perusahaan manufactur mesin kopi itu akan mengirimkan satu atau dua orang Barista professional yang mereka hire untuk memberikan training kepada crew restoran atau coffee shop tersebut untuk belajar tentang Barista, dan tentu saja tentang cara mengoperasikan mesin kopi nya.

Sementara jika kita memiliki keinginan untuk belajar Barista di sebuah institusi formal, maka kita mencoba belajar di Universita del Caffe (UDC) di Jakarta. Program yang ditawarkan antara lain Ahli Espresso dan Kopi Kreatif. 

Perbedaan Barista dan Bartender

Mungkin ada dari pembaca Restofocus.Com yang bertanya apakah Barista dan Bartender adalah sebuatan untuk profesi yang sama atau kah berbeda sama sekali?

Sejauh ini, menurut pemahaman saya pribadi, Barista lebih bersifat khusus dengan hanya menyediakan minuman dari jenis kopi seperti Espresso. Sedangkan Bartender bermakna lebih luas di mana banyak bahan selain kopi yang disediakan, diolah dan dijual kepada konsumen. Bahkan salah satunya adalah Alkohol yang dilarang di Indoneisa.

Demikian artikel lebih dekat mengenal Barista. Bagi pembaca yang mengetahui lebih banyak informasi seputar Barista, mohon bisa berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar