--> Skip to main content

Saat Tidak Ada Kecocokan Antara Supervisor, Captain Service dan Chief Cook

Ada kalanya dalam satu cabang restoran, tim leader yang terdiri dari Supervisor, Captain Service dan Chief Cook merasa tidak satu visi, tidak sepaham dan intinya tidak ada kecocokan. Supervisor menilai sang chief Cook tak mengajarkan disiplin kepada para koki nya. Chief Cook menilai Supervisor terlalu banyak aturan dan Captain Service merasa bahwa Supervisor dan Chief Cook kurang koordinasi dan bertindak sendiri-sendiri. 

Jika hal ini terjadi, maka karyawan yang berada di bawah mereka akan bingung tentang siapa yang harus didengar dan diteladani. Lebih jauh lagi, karyawan yang memiliki kepentingan tertentu, akan berusaha meng-adu domba para leader nya dan menghasut karyawan lain untuk tidak mematuhi aturan yang ada. Dan pada akhirnya akan berkembang gaya bekerja sendiri-sendiri yang tanpa aturan.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan dalam kondisi seperti ini dimana tidak ada kecocokan antara Supervisor, Captain Service dan Chief Cook?


Hal pertama yang harus dilakukan Management adalah dengan memanggil para leader tersebut untuk diberikan pengarahan. Selanjutnya, para leader harus menanggalkan ego nya masing-masing dan harus bersedia melakukan koreksi diri. 

Jika cara pertama kemudian tidak membuahkan hasil dan masing-masing leader masih tetap merasa tidak cocok, maka hal kedua adalah dengan memutasikan salah satu atau dua diantara mereka ke cabang restoran yang lain.

Selagi mereka dipindahkan atau dimutasikan ke cabang restoran yang lain, maka Management akan memantau perkembangan mereka dan terus melakukan support. Namun jika diketahui leader tersebut juga merasa tidak cocok dengan tim leader di cabang restoran yang baru, maka sudah bisa dipastikan bahwa masalahnya ada pada diri sang leader yang selalu merasa tidak cocok dengan leader lain. Dan jika ini  yang terjadi, maka sebagai langkah terakhir, Management bisa segera mempertimbangkan demosi jabatan untuk leader bersangkutan.

Demikian artikel saat tidak ada kecocokan antara Supervisor, Captain Service dan Chief Cook. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar