--> Skip to main content

8 Hal Penting Tentang Keselamatan Kerja di Restoran

Saat bekerja di restoran, semua karyawan harus selalu sadar dan waspada akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kita ketahui bahwa dalam operasional restoran banyak menggunakan bahan bakar seperti gas, api, minyak, dan listrik sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan selalu mengancam. Untuk itu semua karyawan restoran harus selalu memperhatikan dan mengutamakan keselamatan kerja baik untuk dirinya sendiri maupun rekan kerja.

Berikut adalah 8 hal penting tentang keselamatan kerja di restoran yang harus selalu diperhatikan oleh karyawan restoran :

1. Hindari untuk mengoperasikan peralatan listrik saat kondisi tangan anda basah
Pastikan tangan anda dalam keadaan kering atau gunakan napkin atau tissue untuk mengelap tangan anda yang basah sebelum mengoperasikan peralatan listrik baik itu blender, cup sealler dan lainnya.

2. Selalu gunakan sepatu kerja
Sepatu kerja dapat melindungi anda dari kecelakaan yang fatal. Untuk para koki, penggunaan sepatu boot yang melindungi bagian depan kaki, akan melindungi kaki dari siraman air panas atau percikan minyak panas saat memasak di area kitchen. Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu dengan bagian sol yang menapak kuat di lantai atau tidak licin.



3. Gunakan cempal saat mengangkat peralatan memasak  yang panas
Cempal atau disebut juga jampel adalah penahan panas yang terbuat dari bahan kain yang digunakan untuk mengangkat peralatan yang panas seperti kuali, panci dan lainnya.

4. Segera bersihkan jika ada minyak goreng atau cairan yang jatuh ke lantai
Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja karena terpeleset disebabkan lantai yang licin. 

5. Gunakan mat floor
Mat floor berfungsi untuk memberikan pijakan yang kuat bagi karyawan saat tengah bekerja dalam kondisi lantai yang licin.

6. Hindari menggunakan api terlalu besar
Penggunaan api yang terlalu besar selain akan membuat suhu ruangan menjadi sangat panas juga dapat memicu ledakan.

7. Lepaskan regulator atau kepala gas dari tabung gas saat kompor gas selesai digunakan.

8. Jika menggunakan kompor minyak tanah, hindari mengisi minyak tanah dalam keadaan kompor telah menyala. 

Demikian 8 hal penting tentang keselamatan kerja di restoran yang harus selalu diperhatikan oleh karyawan restoran demi keselamatan kerja. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar