--> Skip to main content

Cara Memilih Lokasi Usaha Restoran

Pemilihan lokasi atau tempat usaha untuk restoran sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha restoran. Konsep restoran dan startegi marketing yang bagus saja tidak lah cukup. Anda juga harus cermat dalam memilih lokasi usaha restoran. Untuk itu, di artikel ini saya akan menguraikan bagaimana cara memilih lokasi usaha restoran yang tepat untuk menjalankan bisnis atau usaha kuliner Anda di bidang restoran. Selamat membaca..

Berikut adalah cara memilih lokasi usaha resroran :

1. Dekat dengan target pasar

Sebelum anda memutuskan untuk membangun gedung tempat restoran anda beroperasi, tentukan lebih dahulu siapa target maket atau target pasar Restoran anda.

a. Jika target pasar anda adalah Passing Guest, maka carilah lokasi di jalur perlintasan antar kota yang padat dilalui kendaraan atau maksimal 1 KM dari pintu keluar tol. 

b. Jika target pasar anda adalah Instansi dan perkantoran, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan gedung-gedung pusat instansi atau perkantoran

c. Jika target pasar anda anda adalah masyarakat sekitar, maka pilihlah di daerah padat penduduk atau di mall yang terkenal ramai pengunjung.

2.Terlihat jelas oleh konsumen

Bagunan restoran harus terlihat dari jalan. Jangan sampai restoran anda tertutupi oleh gedung atau bangunan lain. Pasanglah Billboard restoran anda tepat di depan pintu masuk halaman parkir restoran anda semenarik mungkin. Jika anda memilih di mall sebagai  tempat Restoran anda beroperasi, pilihlah di tempat yang juga terlihat oleh pengunjung mall, misalnya di dekat pintu masuk mall atau dekat ATM center.

3. Memiliki halaman parkir yang luas atau memadai

Jika anda menerapkan sistem stand alone untuk restoran anda, hal ini sangat perlu diperhatikan, halaman parkir yang sempit dan sulit untuk memarkirkan kendaraan akan membuat calon pembeli malas untuk berkunjung ke restoran anda meskipun sebenarnya mereka sangat ingin menikmati menu yang dijual di Restoran anda.

Jadi, pilihlan tempat yang memiliki halaman parkir yang luas dan posisikan satpam untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen atau pelanggan anda. Untuk anda yang menggunakan mall sebagai tempat restoan anda beroperasi, anda tidak perlu memikirkan soal parkir karena biasanya soal parkir kendaraan sudah ditangani oleh pihak pengelola mall tersebut.


4. Strategis

Pilihlah tempat yang strategis yang biasanya menjadi tempat berpusatnya keramaian atau orang berlalu lalang. Misalnya dekat perempatan jalan, dekat pintu keluar tol, dekat lokasi hiburan dan lain-lain.

5. Aman dan kondusif

Pilihlah tempat yang terkenal aman dan kondusif. Meskipun suatu tempat dinilai sangat strategis dan ideal untuk usaha restoran, namun jika di tempat atau daerah itu sering terjadi tawuran dan lainnya, ini akan menjadi buruk untuk bisnis Restoran anda.

Demikian cara memilih lokasi usaha restoran. Silahkan tuliskan kesan, masukan, dan kritik anda untuk artikel ini dengan menuliskannya di kotak komentar. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar