9/11/2017

Manfaat Penggunaan Pakaian Seragam untuk Karyawan Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/11/2017  |   |  No comments

Tak sedikit restoran yang telah memiliki beberapa cabang namun belum memberikan pakaian atau baju seragam untuk karyawannya. Tanpa disadari, hal ini sebenarnya berdampak besar terhadap citra profesioanlisme restoran di mata pelanggan. 

Banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan seragam. Manfaat yang -menurut hemat pribadi saya- jauh lebih besar dari pertimbangan tidak memberikan baju seragam karena alasan menghemat biaya. 

Apa saja manfaat dari penggunaan pakaian seragam?

1. Memupuk semangat sebagai satu tim
Dengan pakaian atau baju yang seragam, semua karyawan secara psikis akan mulai menyadari bahwa mereka memang satu tim, sehingga masing-masing karyawan akan saling menyadari bahwa mereka harus bersatu dan bekerja sama.

(Foto : Seragam crew Atjeh Kupi Pekanbaru)

2. Membangun kekompakan
Saat semangat sebagai sebuah tim mulai dirasakan melalui penggunaan seragam, maka kekompakan karyawan juga akan terbangun dengan baik.

3. Mengajari karyawan  untuk disiplin
Dengan adanya seragam kerja, maka secara tidak langsung, karyawan akan dituntut untuk menggunakan seragam sesuai jadwal, serta memastikan seragam selalu dalam kondisi rapi dan bersih. Hal ini akan berlangsung secara terus-menerus sehingga mengajari dan membentuk karyawan untuk disiplin.

4. Membentuk citra positif di mata pelanggan
Pelanggan akan merasa senang dan puas tidak hanya karena makanan yang enak dan harga yang murah saja, tetapi juga akan merasa senang dengan penampilan karyawan yang terlihat profesional dengan penggunaan seragam. Kesan profesional salah satunya bisa tercermin dari penggunaan seragam.

5. Branding
Logo dan nama restoran yang terdapat pada pakaian seragam karyawan, akan dilihat dan dibaca oleh konsumen sehingga brand restoran termemori di benak konsumen.

Kapan karyawan restoran harus mengenakan seragam?

Perlu diingat bahwa seragam kerja hanya digunakan pada saat karyawan tengah bekerja atau melakukan aktivitas terkait tugas-tugas yang ada, misalnya saat operasional, saat meeting, saat mengantar pesanan (delivery) dan lainnya.

Karyawan tidak boleh menggunakan pakaian seragam saat sedang tidak bekerja, misalnya pakaian seragam digunakan saat main atau nongkrong di tempat umum dan lainnya.

Penggunaan seragam saat sedang di luar restoran atau saat sedang tidak bekerja sangat sensitif terhadap hal-hal negatif, misalnya jika karyawan yang menggunakan seragam tersebut ngebut di jalan raya atau bahkan membahayakan orang lain, maka nama restoran akan ikut terbawa-bawa.

Mengingat hal demikian, maka manajemen restoran harus membuat aturan yang jelas tentang pemakaian seragam, sehingga tujuan penggunaan pakaian seragam dapat tercapai dan karyawan juga restoran mendapatkan manfaatnya.

Berapa jumlah seragam yang ideal untuk diberikan kepada karyawan?

Idelanya, karyawan diberikan minimal 3 buah pakaian seragam. 1 buah digunakan untuk hari senin dan selasa, 1 buah lagi untuk dipakai hari rabu dan kamis, dan 1 buah sisanya digunakan untuk hari jum'at dan sabtu. Untuk hari minggu bisa bebas atau menggunakan pakaian casual yang tetap sopan dan rapi.

Jika manajemen restoran memberikan 4 buah seragam restoran agar hari minggu juga pakai seragam, maka itu juga sangat baik.

Bagaimana sistem pemberian seragam untuk karyawan di restoran?

Ada restoran yang memberikan seragam kerja kepada karyawan secara cuma-cuma atau gratis, dan ada juga restoran yang memberikan seragam kerja kepada karyawan dengan sistem potong gaji.

Ada juga restoran yang memberikan seragam secara cuma-cuma tapi jika karyawan sudah tidak bekerja, maka karyawan harus mengembalikan seragam kerjanya. Untuk seragam karyawan yang diberikan dengan sistem potong gaji, maka seragam menjadi hak milik karyawan dan tidak ada kewajiban bagi karyawan untuk mengembalikannya saat ia sudah tidak bekerja.

Demikian artikel tentang manfaat penggunaan pakaian seragam untuk karyawan restoran. Semoga bermanfaat.

Manfaat Penggunaan Pakaian Seragam untuk Karyawan Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.