Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Etika Pelayanan : Bolehkah Meletakkan Tray di Meja Tamu Saat Menyajikan Pesanan?

Kita sering melihat ada waiter atau runner yang meletakkan tray di atas meja tamu saat mereka menyajikan pesanan. Hal ini terutama dilakukan saat pesanan yang dibawa cukup banyak atau berat. Mereka memilih untuk melakukan hal mudah dan dianggap lebih aman, yaitu dengan meletakkan tray berisi pesanan di meja tamu.


Bolehkah meletakkan tray di meja tamu?

Dalam etika pelayanan, kita tidak diperkenankan untuk meletakkan tray di meja tamu. Tray tetap berada di telapak tangan kiri, sementara tangan kanan bergerak menyajikan pesanan. Lalu bagaimana jika tray terlalu berat karena jumlah pesanan yang dibawa cukup banyak?

Meja lipat

Saat jumlah pesanan yang dibawa cukup banyak, waiter atau runner akan mengalami kesulitan dalam menyajikan pesanan. Selain berat, resiko menu jatuh atau tumpah juga menjadi hal yang sangat ditakutkan. Karenanya, saat pesanan yang dibawa cukup banyak, maka waiter atau runner membutuhkan alat bantu berupa meja lipat.

Saat akan menyajikan pesanan dalam jumlah yang cukup banyak, waiter atau runner bisa mempersiapkan meja lipat terlebih dahulu. Meja lipat ini dipasang sekitar 1 meter dekat meja tamu. 

Waiter dapat meletakkan tray berisi pesanan pada meja lipat yang telah disiapkan. Dengan demikian, tray tidak diletakkan di meja tamu dan waiter bisa dengan mudah menyajikan pesanan.

Trolly makanan
Untuk menyajikan pesanan dalam jumlah yang banyak, juga bisa dilakukan menggunakan trolly makanan. Kendala yang sering ditemui saat harus menyajikan pesanan menggunakan trolly adalah akses, yaitu jalan yang sempit saat melalui meja-meja.

Assisten

Selain dengan bantuan meja lipat dan trolly, waiter juga bisa dibantu oleh seorang assisten saat harus menyajikan pesanan dalam jumlah yang cukup banyak. Assisten bisa dari rekan sesama waiter atau runner.

Dengan adanya meja lipat, trolly dan assisten, maka waiter bisa menyajikan pesanan yang cukup banyak atau berat tanpa harus meletakkan tray di atas meja tamu.

Demikian artikel tentang etika pelayanan : bolehkah meletakkan tray di meja tamu saat menyajikan pesanan?. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top