3/19/2017

Etika Pelayanan : 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Waiter Saat Berada di Floor

Dias Akhmad  |  at  3/19/2017  |   |  No comments

Untuk mewujudkan pelayanan atau service yang baik, waiter tak hanya diharuskan untuk mampu memahami dan menjalankan SOP (Standart Operational Procedure) dengan baik, namun perlu juga dibekali dengan pengetahuan tentang etika pelayanan. 

Etika pelayanan merupakan hal-hal berisi anjuran mengenai hal-hal baik yang perlu dilakukan dan hal-hal kurang baik yang harus dihindari. Etika pelayanan dibuat untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan selama mereka berada di restoran.


Berikut adalah 8 hal yang tidak boleh dilakukan oleh waiter saat berada di floor atau di area di mana mereka berinteraksi dengan pelanggan dan pelanggan dapat melihat apa saja yang mereka lakukan :

1. Menggaruk kepala berulang-ulang
Aktivitas menggaruk kepala saat berada di floor akan memberi kesan bahwa waiter kurang memperhatikan kebersihan rambut mereka. 

2. Meludah
Membuang ludah saat berada di floor merupakan hal yang tidak pantas dilakukan. Saat pelanggan melihat ada waiter yang meludah di floor, bisa jadi pelanggan akan kehilangan selera makannya.

3. Mengupil
Waiter harus menahan diri dari aktivitas mengupil selama berada di floor. Aktivitas mengupil bisa memberi kesan bahwa tangan waiter tidak higienis, meskipun setelahnya sang waiter mencuci tangannya.

4. Mengorek kuping
Membersihkan telinga dengan cara mengoreknya dengan tangan sama halnya dengan mengupil. Keduanya tidak boleh dilakukan oleh waiter selama mereka berada di floor.

5. Menguyah makanan
Aktivitas menguyah tidak boleh dilakukan oleh waiter saat mereka berada di floor. Kebiasaan menguyah permen karet juga termasuk hal yang dilarang dalam hal ini.

Ada beberapa head service yang saya kenal mengizinkan waiternya untuk menhisap permen dengan alasan agar bau mulut waiter tercium segar saat berinteraksi dengan tamu, namun kenyataannya, aktivitas mengemut permen seringkali malah membuat sang waiter susah berkomunikasi dengan pelanggan.

6. Berteriak
Berbicara dengan suara keras atau bahkan berteriak adalah hal yang harus dihindari. Seorang waiter harus selalu menjaga etika karena setiap apa yang dilakukannya akan membentuk kesan dalam pikiran pelanggan, baik positif maupun negatif.

Selain tidak pantas dilakukan, berteriak juga dapat mengganggu kenyamanan pelanggan.

7. Berlari
Waiter memang dituntut untuk dapat bergerak cepat, namun bukan tergesa-gesa atau  berlari. 

8. Menatap pelanggan dengan tidak sopan
Siapapun akan tidak suka jika ditatap dengan tatapan yang tidak sopan, misalnya saat ada pelanggan wanita yang cantik dan berpakaian seksi, waiter tidak boleh menatapnya terus menerus atau mencuri-curi pandang.

Demikian artikel tentang etika pelayanan : 8 hal yang harus dihindari oleh waiter selama berada di floor. Semoga bermanfaat.

Etika Pelayanan : 8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Waiter Saat Berada di Floor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.