Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Test Cook untuk Chef Saat Melamar Kerja di Restoran

Untuk menempati posisi Chef di restoran, seseorang yang melamar kerja sebagai Chef umumnya akan diminta oleh manajemen restoran untuk melakukan ujian memasak atau test cook. Tujuannya tak lain untuk melihat apakah benar apa yang disampaikan pelamar saat interview bahwa ia bisa memasak ini dan itu. Test cook juga akan membuktikan bagaimana kualitas rasa dan penyajian menu yang dimasak oleh calon Chef.


Ketentuan test cook

Baik di hotel maupun restoran, seorang calon Chef akan diminta untuk melakukan test cook. Adapun mengenai berapa jumlah menu yang harus dimasak dan menu apa saja yang harus dimasak sangat tergantung kepada :

1. Presentasi calon Chef 
Biasanya, seorang pelamar kerja yang melamar untuk posisi Chef akan menuliskan di lembar tersendiri  pada berkas lamaran yang ia ajukan mengenai jenis menu apa saja yang ia kuasai, misalnya ia menguasai Indonesian food atau menu nusantara, Chinese food, Korean food dan lain-lain.

Apa yang dituliskan pelamar pada berkas lamaran tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi HRD yang kemudian akan menanyakannya kembali pada sesi interview. Jika pelamar melakukan presentasi dengan baik, maka besar kemungkinan ia juga akan diminta untuk melakukan test food untuk menu-menu yang ia presentasikan.

2. Keinginan manajemen restoran
Banyak tujuan sebuah restoran atau hotel merekrut Chef, bisa karena restoran sedang mengalami kekosongan posisi Chef sehingga harus cepat mencari penggantinya, atau bisa juga karena restoran tersebut berkeinginan untuk mengembangkan menu-menu yang dijualnya, atau lebih tepatnya ingin menjual menu baru.

Jika manajemen restoran berkeinginan untuk menjual menu nusantara, maka manajemen -melalui HRD- akan meminta calon Chef untuk melakukan test cook menu nusantara.

Mengenai berapa jumlah menu yang harus dimasak saat test food biasanya akan dibicarakan antara kedua belah pihak, yaitu antara calon Chef dan HRD. Dalam hal ini calon Chef bisa saja meminta untuk mengurangi jumlah menu yang harus dimasak dalam satu sesi uji test cook.


Demikian artikel tentang test cook untuk Chef saat melamar kerja di restoran. Artikel ini ditulis sebagai jawaban atas pertanyaan salah satu pembaca Restofocus, -Mas Beno di Jakarta- yang rencananya akan melakukan test cook di sebuah hotel. Semoga bermanfaat.

An Internet Marketer, Resto Consultan, Owner and Writer of Restofocus.Com

Terima kasih telah membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top