Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Syarat atau Kualifikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Supervisor Restoran

Ada beberapa syarat atau kualifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menduduki jabatan atau posisi Supervisor di restoran. Syarat atau kualifikasi ini dijadikan acuan oleh HRD restoran dalam merekrut atau mengangkat seseorang menjadi Supervisor restoran. Apa saja syarat atau kualifikasi tersebut?, Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini. Selamat membaca.


Berikut adalah beberapa syarat atau kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi Supervisor di restoran :

1. Memiliki pengalaman di bidang restoran minimal 2 tahun
Pengalaman adalah hal terpenting dan paling dibutuhkan untuk menjadi seorang Supervisor restoran. Pelamar kerja yang memiliki pengalaman sebagai Captain Waiter atau Supervisor restoran umumnya lebih mudah diterima. Masa kerja 2 tahun di sebuah restoran dianggap masa yang cukup bagi seseorang untuk memahami tugas dan pekerjaan di restoran.

2. Berjiwa pemimpin
Banyak orang yang bisa bekerja dengan baik sendirian, tapi saat ia diangkat sebagai pemimpin, ia tak bisa mengarahkan karyawan lain dan tetap asyik bekerja sendiri. Seorang Supervisor harus memiliki jiwa memimpin (leadership) yang baik.

3. Berpenampilan menarik
HRD restoran pasti akan mencari seorang calon Supervisor yang memiliki penampilan menarik atau good looking. Paras yang tampan atau cantik, bersih, rapi dan murah senyum adalah kandidat yang paling berpotensi diterima sebagai Supervisor restoran.


4. Pandai berkomunikasi
Kemampuan berkomunikasi secara baik sangat diperlukan untuk menjadi seorang Supervisor restoran. Tak hanya karena ia harus melakukan ramah tamah dengan pelanggan atau memberikan penjelasan tertentu terkait restoran, tapi ia juga harus mampu memberikan pengarahan kepada karyawan serta memberikan informasi dan motivasi pada saat briefing karyawan.

5. Lulus SMK atau sederajat
Lulusan SMK Jurusan Pariwisata atau Perhotelan adalah yang paling banyak dicari. Ada juga tamatan SMA yang bisa menjadi Supervisor di restoran, namun umumnya mereka diangkat atau dipromosikan menjadi Supervisor setelah beberapa tahun bekerja di restoran serta dianggap berprestasi. 

6. Bisa komputer
Banyak tugas administrasi yang harus dikerjakan oleh seorang Supervisor restoran, antara lain membuat jadwal kerja dan rekap gaji karyawan. Paling tidak, seorang Supervisor harus bisa menjalankan program MS. Office seperti Excel dan Word.

7. Menguasai bahasa asing
Seringkali restoran kedatangan tamu turis yang tak bisa berbahasa Indonesia. Supervisor harus bisa memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan, termasuk kepada turis asing. Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang harus dikuasai. Saya pernah mendapati Supervisor yang menjauh pergi begitu ada tamu turis yang masuk dan membiarkan waiter yang tak mampu berbahasa Inggris melakukan taking order. Hasilnya, pesanan tidak sesuai dan sang turis kecewa.

Selain beberapa hal di atas, HRD restoran biasanya menambahkan kata-kata ajaib dalam iklan lowongan kerja untuk Supervisor restoran : "bersedia ditempatkan di cabang mana pun dan mampu bekerja di bawah tekanan". Kata-kata tersebut sebenarnya lebih ditujukan untuk mengingatkan tentang komitmen kerja karyawan sejak awal, agar nantinya Supervisor tidak mengelak atau mengajukan keberatan saat ia dimutasi ke cabang lain dan bersedia bekerja keras mencapai target perusahaan.

Jenis kelamin  dan usia Supervisor
Mengenai jenis kelamin, baik pria maupun wanita tetap bisa menjabat sebagai seorang Supervisor restoran. Sedangkan untuk usia, yang paling banyak dicari adalah rentang usia 25 hingga 32 tahun. Rentang usia tersebut dipandang sebagai usia paling produktif untuk seorang Supervisor. Di restoran, seorang Supervisor bisa bekerja hingga usia 45 tahun.

Di restoran tertentu, Anda juga akan menjalani Psikotes dan Tes Kesehatan saat melamar kerja sebagai seorang Supervisor restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Supervisor Restoran

Demikian artikel tentang syarat atau kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Supervisor di restoran. 

Mari bagikan atau share artikel ini ke media sosial jika artikel ini bermanfaat bagi Anda dan orang lain. Anda juga bisa bertanya atau memberikan pendapat mengenai artikel ini dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top