--> Skip to main content

8 Hal yang Membedakan Antara Restoran dengan Rumah Makan

Beberapa hari yang lalu, saya ditanya oleh salah satu kenalan baru saya di Medan -Pak Rony- tentang perbedaan antara restoran dan rumah makan. Sebuah pertanyaan yang cukup membuat saya berpikir dalam karena selama ini -tanpa saya sadari- saya beranggapan bahwa restoran dan rumah makan tak ada bedanya, yaitu sama-sama tempat yang menjual atau menyediakan makanan.

Saya juga sempat berpikir bahwa perbedaan antara restoran dan rumah makan hanya terletak pada penyebutan saja, tepatnya restoran merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu "restaurant" yang juga merupakan serapan dari bahasa Perancis, "restaurer". Sementara sebagian masyarakat Indonesia lainnya tetap menyebutnya sebagai rumah makan.


Namun jika kita menilik lebih dalam mengenai perbedaan antara restoran dan rumah makan, maka kita akan mendapati 8 hal yang sangat berbeda. Berikut adalah 8 hal yang membedakan antara restoran dengan rumah makan :

1. Standarisasi
Sebuah tempat makan bisa disebut sebagai restoran jika memenuhi beberapa standar tertentu, misalnya standar kualitas menu, standar pelayanan, standar penampilan karyawan dan lain-lain. Cukup sulit untuk mendapatkan label restoran di Perancis, meskipun di sana banyak tempat makan yang  memiliki menu yang populer dan digemari banyak orang. Sementara, rumah makan hanya sebatas sebuah tempat makan pada umumnya tanpa terikat standar tertentu.

2. Sistem manajemen
Restoran memiliki sistem manajemen yang telah tersusun secara jelas. Ada aturan-aturan tertentu yang mengikat di dalam pengelolaan suatu restoran. Sedangkan rumah makan tidak memiliki aturan-aturan yang baku dan biasanya dikelola oleh sebuah keluarga.

3. Ukuran
Pada dasarnya, ukuran interior sebuah restoran selalu lebih luas. Sangat jarang ditemukan restoran dengan ukuran bangunan yang sempit. Di sisi lain, kebanyakan rumah makan justru berukuran kecil. Meskipun ada juga rumah makan yang luas bangunannya melebihi ukuran restoran.

4. Penyajian makanan
Perbedaan mencolok antara restoran dengan rumah makan terletak pada kesiapan menu-menu makanan yang dijualnya. Di rumah makan, seluruh hidangan sudah dimasak sebelumnya, sehingga saat ada pembeli yang datang, pelayan tinggal mengantarkan hidangan sesuai pesanan. Sebaliknya, menu-menu makanan di restoran masih dalam kondisi mentah atau setengah matang. Ketika pembeli datang, makanan harus diolah atau dimasak terlebih dulu untuk kemudian disajikan.


5. Konsep tempat
Saat kita berbicara tentang restoran, tentu akan terbayang suatu tempat makan yang mewah. Memang benar, kebanyakan desain interior di restoran selalu diberi sentuhan kemewahan sehingga tampak elegan dan glamor. Sedangkan pada rumah makan, pemiliknya lebih banyak yang mengusung konsep sederhana.

6. Sasaran market
Restoran merupakan tempat makan yang lebih ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Hal inilah yang mendasari kenapa di sebuah restoran juga terdapat fasilitas-fasilitas tambahan yang eksklusif, seperti free Wifi, karaoke, kursi pijat dan kondisi ruangan yang nyaman. Sementara, target pemasaran rumah makan adalah masyarakat menengah ke bawah.

7. Biaya PPN
Saat memesan hidangan di sebuah restoran, kita akan dikenakan biaya PPN yang besar rata-ratanya adalah 10% dari harga menu. Jadi, kita harus membayar lebih dari harga menu yang dipesan. Bahkan terkadang di beberapa restoran tertentu juga menerapkan service charge atau biaya pelayanan. Sementara, ketika kita menyantap hidangan di rumah makan, kita tidak akan dikenai biaya PPN.

8. Modal
Hal ini sempat disampaikan oleh pak Rony saat saya juga meminta apa pendapat beliau soal perbedaan antara restoran dengan rumah makan. Karena sebuah restoran menawarkan kualitas menu dan layanan yang baik, fasilitas yang memadai bahkan memanjakan pengunjung, memiliki interior yang lebih besar dan elegan, tenaga dan sarana promosi yang kuat serta lain-lain, maka diperlukan modal yang lebih besar untuk menjalankan sebuah usaha restoran dibandingkan menjalankan usaha rumah makan.

Dengan mengacu kepada beberapa hal di atas, maka kita dapat membedakan apakah sebuah tempat makan tertentu bisa disebut sebagai restoran atau rumah makan saja. 

Demikian artikel tentang 8 hal yang membedakan antara restoran dengan rumah makan. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar