Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kemampuan yang Harus Dimiliki Marketing Restoran

Untuk bisa menjadi seorang marketing restoran, dibutuhkan beberapa kemampuan khusus yang nantinya diperlukan untuk kelancaran dan efektivitas kerja marketing. Apa saja kemampuan khusus yang diperlukan tersebut?. Di artikel ini, Restofocus mencoba mengupas tentang kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang marketing restoran. Selamat membaca.


Berikut adalah beberapa kemampuan khusus yang harus dimiliki marketing restoran :

1. Komunikasi yang baik
Meski memiliki paras cantik atau tampan, tanpa kemampuan komunikasi yang baik, maka tak akan dapat berbuat banyak. Komunikasi yang baik mutlak diperlukan saat melakukan penawaran atau negosiasi. Dalam acara atau event tertentu, seorang marketing restoran juga harus bisa menjadi MC (Master of Ceremony).

2. Mahir dalam surat-menyurat
Kemampuan dalam menyusun sebuah format surat juga sangat dibutuhkan oleh seorang marketing restoran. Berbagai penawaran atau proposal serta bentuk surat-menyurat lainnya membutuhkan kemahiran dalam surat-menyurat.

3. Menguasai program MS. Office, Coreldraw/Photoshop dan Internet
Program MS. Office seperti Word, Excel dan Powerpoint merupakan program komputer yang harus dikuasai seorang marketing restoran, sementara kemampuan design dalam program Coreldraw atau Photoshop sangat dibutuhkan saat sang marketing membuat aneka promo menu baru dan program promosi lainnya. Internet telah menjadi hal yang tak dapat dipisahkan dari pekerjaan, karenanya menguasai internet juga merupakan keharusan.

4. Bahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling banyak digunakan. Penguasaan bahasa Inggris akan sangat membantu saat restoran kedatangan turis asing. Marketing memiliki peran besar dalam pembentukan citra restoran, karenanya ia juga harus bisa memberikan kesan yang baik kepada semua tamu atau pengunjung restoran, termasuk turis asing.

5. Mengemudi
Seorang marketing harus pandai mengemudikan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Tanpa kemampuan mengemudi, seorang marketing akan mengalami kesulitan saat ia harus bergerak cepat.

6. Menguasai hitungan foodcost
Inilah hal yang paling membedakan antara marketing restoran dengan marketing lainnya. Seorang marketing restoran dituntut untuk menguasai hitungan foodcost. Hal ini dikarenakan marketing sering melakukan tawar-menawar harga dengan pelanggan, misalnya saja mengenai harga per pax untuk menu buffet dan lain-lain.


Demikian artikel tentang kemampuan yang harus dimiliki marketing restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top