Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

10 Pelanggaran Disiplin yang Paling Sering Dilakukan Karyawan Restoran

Berbagai pelanggaran disiplin sering dilakukan oleh para karyawan, termasuk karyawan restoran. Di artikel ini, Restofocus mencoba merangkum berbagai pelanggaran yang paling sering dilakukan oleh karyawan restoran. Selamat membaca.

Berikut adalah 10 pelanggaran disiplin yang paling sering dilakukan oleh karyawan restoran :


1. Merokok di jam operasional
Hampir semua restoran memberlakukan larangan merokok pada jam operasional, namun hal inilah yang paling sering dilanggar oleh banyak karyawan restoran, baik secara terang-terangan, maupun sembunyi-sembunyi. 

2. Menggunakan handphone di jam operasional
Berbagai alasan sering disampaikan oleh karyawan yang ketahuan menggunakan handphone di jam operasional.

3. Telat masuk kerja
Meski banyak restoran yang menerapkan pemotongan/denda berdasarkan jumlah menit keterlambatan, namun ternyata telat masuk kerja masih merupakan salah satu pelanggaran disiplin yang paling sering dilakukan karyawan restoran.

4. Ganti shift tanpa konfirmasi
Para leader restoran seperti Supervisor dan Captain Service selalu membubuhkan peringatan di bawah lembar jadwal kerja karyawan yang dibuatnya, bahwa karyawan tidak diperkenankan merubah atau mengganti shift tanpa konfirmasi, namun nyatanya, mengganti shift tanpa konfirmasi masih sering dilakukan karyawan restoran.

5. Berbicara keras dan tertawa terbahak-bahak
Sudah merupakan etika tersendiri bagi semua crew atau karyawan restoran untuk bersikap sopan, termasuk tidak berbicara terlalu keras dan tertawa terbahak-bahak sehingga mengganggu kenyamanan tamu, tapi hal ini juga masih merupakan salah satu dari pelanggaran disiplin yang paling sering dilakukan karyawan restoran.

6. Stanby dengan sikap tak sempurna
Karyawan yang bekerja di garda depan atau frontliner seperti Waiter, harus selalu menjaga sikap standby dengan posisi sempurna, namun seringkali ada waiter yang standby dengan posisi tak seharusnya, seperti menekuk kaki, melipat tangan di dada atau bersedekap, bersandar di dinding dan lain-lain.

7. Menguyah makanan saat sedang bekerja
Menguyah makanan adalah hal yang dilarang untuk dilakukan oleh karyawan restoran saat sedang bekerja atau pada jam operasional. Menguyah makanan saat sedang melayani tamu akan terkesan tidak sopan. Jika ingin makan, maka karyawan harus makan di tempat yang telah ditentukan dan tidak terlihat oleh tamu.

8. Berpacaran di jam operasional
Sebenarnya, berpacaran atau membangun relatiohship adalah hak semua orang, namun tentu hal tersebut tidak boleh sampai mengganggu pekerjaan atau membuat karyawan menjadi tidak produktif. Ternyata, berpacaran di jam operasional juga masih merupakan salah satu pelanggaran disiplin yang paling sering dilakukan oleh karyawan restoran.

9. Mengabaikan standar penampilan
Banyak karyawan restoran yang sering mengabaikan aturan standar penampilan, misalnya dengan sengaja memanjangkan kuku, rambut, kumis dan jenggot.

10. Mengabaikan aturan standar berseragam
Biasanya, manajemen restoran sudah menerapkan aturan berseragam atau uniform, namun seringkali ada dari karyawan restoran yang menggunakan seragam, baik berupa baju, celana atau sepatu yang tidak sesuai dengan standar berseragam yang telah ditetapkan.

Anda juga bisa membaca artikel : Waiter dan Celana Model Pensil

Dengan banyaknya pelanggaran disiplin yang sangat mungkin dilakukan karyawan, maka pihak manajemen restoran bisa menerapkan aturan yang jelas dan tegas agar karyawan bisa memahami dan mematuhinya. 

Demikian artikel tentang 10 pelanggaran disiplin yang paling sering dilakukan oleh karyawan restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top