11/10/2016

Makna Posisi Sendok Garpu Menyilang Dalam Table Manner

Dias Akhmad  |  at  11/10/2016  |   |  No comments

Dalam etiket di meja makan atau table manner dikenal beberapa aturan mengenai cara meletakkan sendok dan garpu atau pisau dan garpu, salah satunya adalah posisi menyilang atau saling silang. Ada sebagian dari kita yang salah menafsirkan makna posisi sendok dan garpu yang menyilang ini. Untuk lebih jelasnya, mari teruskan membaca artikel ini hingga selesai. Selamat membaca.


Beda pendapat soal makna posisi sendok dan garpu menyilang

Banyak yang mengira bahwa posisi sendok dan garpu menyilang adalah tanda bahwa acara makan telah selesai. Posisi silang ditafsirkan sebagai "stop" atau berhenti, yaitu berhenti makan. Benarkan demikian?.

Saya ingat saat beberapa teman saya dulu berdebat soal bagaimana cara meletakkan sendok dan garpu saat selesai makan. Seorang teman saya mengatakan bahwa sendok dan garpu harus dalam posisi menyilang, kalau tidak, pemilik rumah makan akan mengira kita masih mau tambah makanan.

Teman saya yang lain beda pendapat, tanda selesai makan yang benar menurutnya adalah, dengan meletakkan sendok dan garpu di atas piring sebelah kanan dalam posisi terbuka dan membentuk sudut 45˚ dengan sisi meja.

Teman lainnya menimpali kembali bahwa yang benar adalah posisi menyilang sebagai tanda selesai makan. Untuk menyakinkan, ia mengaku bahwa ia pernah ikut kursus table manner dan punya sertifikatnya.

Nah, mana yang benar??..

Makna posisi sendok dan garpu menyilang dalam table manner

Jika kita memperbincangkan table manner, maka kita harus mengikuti aturan-aturan yang ada dalam table manner itu sendiri, artinya kita tidak boleh memaknainya sendiri-sendiri.

Adapun makna sendok dan garpu atau pisau dan garpu menyilang dalam table manner adalah, sebagai tanda bahwa kita ingin menambah makanan atau ready for the second plate.

Kita juga bisa menyilangkan sendok dan garpu di atas piring makanan saat kita hendak pergi sebentar ke kamar kecil. Posisi menyilang memang bermakna "stop", tapi bukan selesai makan, melainkan untuk memberi tanda kepada waiter agar piring dan makanan kita tidak diangkat atau di-clear up, karena ia akan kembali melanjutkan makan setelah kembali dari kamar kecil.

Adapun posisi sendok dan garpu atau pisau dan garpu saat kita telah selesai makan adalah sebagai berikut :

  • Di atas piring sebelah kanan.
  • Keduanya (sendok dan garpu) sejajar dan membentuk sudut 45˚ dengan sisi  meja. Sendok di atas dan garpu dibawah.
  • Mata sendok dan garpu menghadap ke atas.

Demikian artikel tentang makna posisi sendok dan garpu menyilang dalam table manner. Semoga bermanfaat.

Makna Posisi Sendok Garpu Menyilang Dalam Table Manner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.