--> Skip to main content

Berapa Jumlah Ideal Karyawan untuk Satu Restoran?

Kita perlu mengetahui jumlah ideal karyawan untuk satu restoran. Hal ini penting agar tidak terjadi pemborosan biaya untuk gaji karyawan dan operasional restoran berjalan dengan baik. Terlalu banyak karyawan menyebabkan tidak produktif dan pengeluaran untuk gaji karyawan semakin besar, sebaliknya, terlalu sedikit karyawan akan merepotkan operasional restoran dan menambah beban pekerjaan karyawan.


Adakah rumus tertentu untuk mendapatkan jumlah ideal karyawan yang dibutuhkan?

Sejauh yang penulis ketahui, tidak ada rumus pasti atau rumusan baku tentang bagaimana mendapatkan berapa jumlah ideal karyawan untuk satu restoran. Sebaliknya, banyak sedikitnya karyawan yang dibutuhkan sangat tergantung kepada beberapa faktor sebagai berikut :

1. Sistem layanan
Restoran yang menerapkan sistem A la Carte atau Catat Pesan membutuhkan lebih banyak karyawan daripada restoran yang menggunakan sistem Buffet atau Prasmanan.

2. Kondisi bangunan restoran
Restoran dengan konsep taman dan restoran yang bangunannya terdiri dari beberapa lantai, membutuhkan lebih banyak karyawan dari restoran biasa.


3. Skill karyawan
Restoran yang memiliki lebih banyak karyawan senior cenderung membutuhkan lebih sedikit karyawan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki skill atau kemampuan yang cukup dimana mereka mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Karyawan-karyawan ini mampu menempati berbagai posisi dikarenakan pengalaman dan lamanya mereka bekerja.

Faktor-faktor di atas sangat mempengaruhi perhitungan dalam mendapatkan berapa jumlah ideal karyawan untuk 1 restoran. Dengan demikian, kita tidak bisa menggunakan rumus yang tetap. Kita harus melakukan pengamatan dan evaluasi terhadap jumlah karyawan yang dibutuhkan. Hal ini setidaknya dilakukan selama 2 sampai 3 bulan sejak restoran dibuka.

Saat high session atau musim ramai, seperti saat bulan puasa atau akhir tahun, juga memerlukan pengamatan dan perhitungan tersendiri mengenai berapa jumlah ideal karyawan satu restoran.

Demikian artikel tentang berapa jumlah ideal karyawan untuk satu restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar