9/20/2016

Tugas Accounting di Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/20/2016  |   |  No comments

Tanpa tertib administrasi dan laporan keuangan yang baik, usaha atau bisnis restoran hanya akan menjadi jerih payah yang tak bisa diukur perkembangan atau pertambahan nilainya. Untuk itulah manajemen restoran membutuhkan beberapa tenaga Accounting yang handal. Di artikel ini Restofocus akan membahas mengenai apa saja tugas Accounting di restoran. Selamat membaca.


Berikut adalah beberapa tugas Accounting di restoran secara garis besar :

1. Melakukan pengaturan administrasi keuangan restoran
Seorang Accounting harus mampu menciptakan sistem atau pengaturan administrasi yang baik dan efektif yang berhubungan dengan semua kegiatan administasi di restoran. Misalnya saja tentang sistem dan format laporan stock opname (SO), sistem dan format rekap Kasir dan lain-lain.

2. Menyusun dan membuat laporan keuangan restoran
Laporan keuangan adalah gambaran jelas dan faktual tentang kondisi restoran yang sebenarnya. Seorang Accounting harus dapat menyajikan laporan keuangan yang baik dan akurat.

3. Menyusun dan membuat laporan perpajakan restoran
Seorang Accounting harus mengerti tentang aturan perpajakan dan mampu menyusun dan membuat laporan perpajakan dengan baik dan akurat.

4. Menyusun dan membuat anggaran pendapatan dan belanja restoran secara periodik
Pemilik bisnis restoran sangat membutuhkan adanya anggaran pendapatan dan belanja sehingga dapat mengambil langkah atau kebijakan tertentu untuk kemajuan restoran. Accounting restoran harus dapat menyusun dan membuat anggaran pendapatan dan belanja restoran secara periodik sesuai kebutuhan.


5. Menyusun dan membuat surat-surat yang berhubungan dengan perbankan 
Kegiatan Accounting akan sangat erat kaitannya dengan perbankan dimana manajemen restoran menaruh dan meminjam uang serta kegiatan perbankan lainnya. Semua surat-surat dan dokumen yang berhubungan dengan perbankan akan ditangani oleh Accounting restoran.

6. Melakukan pengecekan terakhir rekap gaji karyawan
Accounting merupakan filter terakhir untuk mengecek keakuratan rekap gaji karyawan restoran yang dibuat oleh bagian Personalia atau Admin.

7. Melakukan pembayaran gaji karyawan
Sebagai pemegang kas besar, Accounting juga bertugas untuk melakukan pembayaran gaji karyawan, baik yang dilakukan secara tunai maupun via transfer Bank.

Anda juga bisa membaca artikel : Mengenal Sampuru di Restoran Jepang

Demikian artikel tentang tugas Accounting di restoran. Artikel ini tidak mewakili tugas-tugas Accounting di restoran secara keseluruhan, untuk itu bagi pembaca Restofocus yang kebetulan bekerja sebagai Accounting di restoran dapat memberikan masukan untuk melengkapi artikel ini. Semoga bermanfaat.

Tugas Accounting di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.