--> Skip to main content

Manfaat Praktek Kerja Lapangan atau Magang Bagi Siswa dan Restoran

Praktek Kerja Lapangan atau magang adalah sebuah sistem pelatihan kerja dimana siswa tak hanya diberikan materi saja, melainkan juga melakukan praktek kerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan pekerja berpengalaman dalam jangka waktu tertentu.

Karena sistem pelatihan kerja dibuat secara ganda, yaitu dengan pemberian materi (teori) dan praktek langsung, maka ada juga yang menyebut kegiatan magang sebagai Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Jadi jika ada yang menyebut tentang Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Pendidikan Sistem Ganda (PSG), maka yang dimaksud adalah satu hal yang sama, yaitu magang.


Apa manfaat magang bagi siswa?

Karena kita membahas mengenai dunia restoran, maka manfaat magang yang akan diuraikan dalam artikel ini adalah manfaat magang di restoran. Berikut adalah beberapa manfaat magang di restoran bagi siswa :

1. Mendapatkan pengalaman bagaimana bekerja sebagai pegawai atau karyawan restoran
2. Mendapatkan upah dan fasilitas lain (jika ada) dari restoran
3. Mendapatkan ilmu, bimbingan dan disiplin kerja dari para leader terbaik di restoran
4. Mendapatkan sertifikat kompetensi setelah sebelumnya mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh pihak restoran
5. Memiliki peluang besar untuk direkrut sebagai karyawan restoran saat siswa telah lulus sekolah dan ingin langsung bekerja, terutama bagi siswa yang menunjukkan prestasi kerja yang baik selama magang.

Manfaat adanya siswa magang bagi restoran

Adanya kegiatan magang di restoran juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi restoran, antara lain :

1. Memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan upah relatif murah
2. Berkesempatan mendapatkan calon-calon karyawan potensial siap kerja
3. Karyawan yang direkrut dari siswa magang yang telah lulus sekolah biasanya sangat baik kualitasnya. Ini karena pihak restoran telah memegang "raport" nilai siswa magang dan memilih beberapa yang terbaik untuk direkrut menjadi karyawan.
4. Kerja sama restoran dengan pihak sekolah, siswa dan orangtua siswa dapat membangun citra positif bagi restoran
5. Mengembangkan kemampuan leader di restoran dalam memberikan bimbingan dan teladan bagi karyawan. Saat ada kegiatan magang, leader di restoran seperti Supervisor, Captain Service dan Chef harus aktif memberikan ilmu, bimbingan dan contoh disiplin kerja yang baik kepada siswa magang.

Demikian artikel tentang manfaat praktek kerja lapangan atau magang bagi siswa dan restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar