Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tugas-tugas Online Marketing di Restoran

Untuk mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya, pihak Restoran tak hanya bisa mengandalkan Offline Marketing saja, tapi juga membutuhkan satu atau beberapa orang Online Marketing untuk bisa menjaring konsumen via online atau daring. Banyaknya pengguna Media Sosial dan berkembangnya trend belanja online, membuat keberadaan Online Marketing semakin dibutuhkan.

Online Marketing atau banyak juga yang terlanjur menyebutnya dengan Marketing Online, adalah kegiatan melakukan pemasaran atau penawaran secara online, baik menggunakan internet, telefon, sms dan aplikasi lainnya yang memungkinkan untuk digunakan secara online.


Lalu apa saja tugas Online Marketing khususnya di restoran?. 

Berikut adalah tugas-tugas Online Marketing di Restoran :

1. Menjaga website restoran agar tetap up to date
Online Marketing bertugas untuk melakukan update website secara berkala, baik berupa artikel umum, promosi, maupun informasi lain yang berkaitan dengan restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Fungsi Penting Website untuk Sebuah Restoran

2. Menjaring pelanggan di media sosial
Media atau jejaring sosial seperti Google Plus, Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin dan lainnya, adalah tempat strategis untuk menjaring pelanggan dengan promosi, serta memancing keterlibatan pelanggan secara emosional untuk menumbuhkan loyalitas.


3. Menyediakan aplikasi restoran
Untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan, Online Marketing juga harus menyediakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh atau di-download secara gratis di berbagai layanan berbagi aplikasi, misalnya Google Play Store, Blackberry World  dan lainnya.

4. Melakukan sales call
Online Marketing juga bertugas untuk melakukan penawaran via telefon (sales sall) setiap harinya. Sales call tidak selalu berisi penawaran atau promosi, tetapi bisa juga berupa ucapan selamat ulang tahun bagi pelanggan yang berulang tahun dan lainnya, yang ditujukan untuk membangun loyalitas pelanggan.

5. Mengirimkan SMS Promo
Media lain yang dapat digunakan oleh Online Marketing adalah SMS promo. Seperti halnya sales call, SMS promo tidak selalu berisi promosi, tetapi bisa juga berisi informasi lalu lintas, tips sehat dan lain-lain.

6. Meliput event yang tengah berlangsung di restoran
Online Marketing juga bertugas untuk meliput dan memberitakan acara atau event apa saja yang tengah berlangsung di restoran secara online. Website, YouTube dan jejaring sosial adalah media penting yang berkaitan dengan aktivitas ini.

7. Input Database pelanggan
Database pelanggan adalah aset berharga bagi Marketing,  untuk itu, Marketing wajib memiliki database pelanggan dan meng-inputnya ke komputer dan atau mencatatnya di buku Ekspedisi.

8. Mengisi buku kunjungan Marketing
Buku kunjungan Marketing adalah bukti tertulis bagi Marketing, baik Online maupun Offline Marketing dalam menjalankan aktivitas kesehariannya, baik saat berada di retoran, maupun saat di lapangan.

9. Menulis Logbook Marketing
Untuk mendokumentasikan hal-hal penting, memo-memo yang perlu di-tindak-lanjuti dan lainnya, Marketing diwajibkan untuk mengisi Logbook Marketing setiap hari. 

Anda juga bisa membaca artikel : Strategi Marketing Restoran dan Tantangannya

Demikian artikel tentang tugas-tugas Online Marketing di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top